Hindia Belanda secara resmi menjadi koloni Kerajaan Belanda

Penanda Hindia Belanda secara resmi menjadi koloni Kerajaan Belanda adalah….

A. Pengangkatan Van Der Capellen sebagai gubernur jenderal Hindia Belanda

B. Pembubaran verenigde oost indische compagnie (VOC)

C. Pengangkatan J.P Coen sebagai gubernur jenderal

D. Penaklukan kerajaan-kerajaan tradisional oleh pemerintah Hindia Belanda

E. Pembentukan pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1799

Pembahasan Soal

Sebelum pemerintah Kolonial Belanda, pemerintahan jajahan di Indonesia dikuasai oleh kongsi dagang VOC. VOC dengan memiliki hak octroi menjadikannya seperti negara dalam negara. Maksudnya VOC bagai negara dalam negara adalah VOC memiliki kekuatan layaknya sebuah negara seperti bisa mencetak uang sendiri, mengangkat pegawai sendiri, memiliki tentara,  mendirikan benteng dsb. Berbagai kebijakan VOC membawa keuntungan yang besar bagi pemerintah Belanda. Namun pada akhirnya, perjalanan kongsi dagang VOC lama kelamaan mengalami kemunduran, bahkan VOC akhirnya dibubarkan. Kemunduran VOC disebabkan hal-hal berikut.

  1. Perlawanan terhadap VOC yang dilakukan membutuhkan biaya yang besar padahal hasil dari bumi Indonesia telah terkuras habis dan kekayaan Indonesia sudah telanjur terkirim ke negeri Belanda. VOC tidak kuat lagi membiayai perang-perang tersebut.
  2. Kekayaan menyebabkan para pegawai VOC melupakan tugas, kewajiban, dan tanggung jawab mereka terhadap pemerintah dan masyarakat. Untuk lebih memperkaya diri, mereka melakukan tindak korupsi. Merajalelalah korupsi di Indonesia maupun di negeri Belanda. gara-gara banyak pegawai yang korupsi, kemudian muncul sindiran bahwa VOC merupakan kepanjangan dari Vergaan Onder Corruptie (tenggelam karena korupsi)
  3. Terjadinya jual beli jabatan. Seorang VOC yang ingin pulang ke negerinya karena sudah terlampau kaya atau pensiun dapat menjual jabatannya kepada orang lain dengan harga tinggi. Hal ini akan menjadi sistem suap yang merajalela.
  4. Tumbuhnya tuan-tuan tanah partikelir. Pemerintah yang kekurangan biaya untuk membiayai pemerintahannya dan perang terpaksa menjual tanah-tanah yang luas kepada orang-orang partikelir dengan hak pertuanan.
  5. Kekurangan biaya tersebut tidak dapat ditutup dengan hasil penjualan tanah saja, VOC harus juga mencari pinjaman. Akibatnya, utang VOC semakin besar.
  6. Pada akhir abad ke-18, VOC tidak mampu lagi memerangi pedagang-pedagang Eropa lainnya (Inggris, Prancis, Jerman) yang dengan leluasa berdagang di Nusantara sehingga monopoli VOC hancur.
  7. Orang Indonesia terlalu miskin sehingga tidak mampu membuat produk dari VOC. Selain itu adanya perdagangan gelap juga membuat pendapatan VOC berkurang.

Akhirnya pada tanggal 31 Desember 1799 VOC dibubarkan.

Dengan dibubarkannya VOC, Indonesia secara resmi berada langsung di bawah kekuasaan kerajaan Belanda dengan nama Hindia Belanda

Penanda Hindia Belanda secara resmi menjadi koloni Kerajaan Belanda adalah….E [Pembentukan pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1799]

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *