Isi Traktat Sumatera

Salah satu isi Traktat Sumatera tahun 1871 antara Kerajaan Inggris dengan Belanda adalah… .

a. Belanda harus menghormati kedaulatan Aceh

b. Belanda dilarang menganggu Kerajaan Aceh

c. Belanda diizinkan menguasai Kerajaan Aceh

d. Inggris harus meninggalkan Aceh

e. Belanda harus meninggalkan Aceh

Pembahasan:

Traktat adalah perjanjian antarabangsa. Traktat dibuat oleh dua negara atau lebih tentang suatu persoalan yang menjadi kepentingan negara yang bersangkutan.

Traktat Sumatera dilakukan pada tanggal 2 November 1871. Pihak yang terlibat yakni Inggris dan Belanda. Salah satu poin penting dari Traktat Sumatera adalah Inggris tidak lagi keberatan kalau Belanda melakukan perluasan sampai di Pulau Sumatera.

TRAKTAT SUMATERA

Dampaknya pada tahun 1873, Belanda melakukan serangan terhadap wilayah Aceh. Serangan Belanda dipimpin oleh Kohler. Belanda kemudian berusaha lebih untuk mendapatkan Aceh. Hal ini salah satunya dilatarbelakangi oleh penghapusan tanam paksa di Jawa. Oleh karena itu Belanda berusaha untuk mengeksploitasi wilayah Sumatera. Aceh dianggap sebagai penghalang dari keinginan Belanda tersebut. Sehingga Belanda dengan berbagai upaya hendak menaklukan Aceh. Maka berkobarlah yang dinamakan Perang Aceh.

Kunci jawaban:

Salah satu isi Traktat Sumatera tahun 1871 antara Kerajaan Inggris dengan Belanda adalah… .c. Belanda diizinkan menguasai Kerajaan Aceh

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *