Alasan Indonesia tidak menjadi anggota SEATO

Alasan Indonesia tidak bersedia menjadi anggota South East Asian Treaty Organization (SEATO) adalah….

A. Bahaya laten komunis di Indonesia sudah tidak ada

B. SEATO tidak sesuai dengan politik luar negeri bebas aktif

C. Indonesia sudah terikat pada keanggotaan ASEAN

D. Indonesia tidak mau didekte oleh Amerika

E. Indonesia tidak menginginkan intervensi asing

Pembahasan Soal

seatoSouth East Asia Treaty Organization (SEATO) merupakan organisasi pertahanan yang dibentuk oleh Amerika Serikat dan sekutunya saat terjadi perang dingin dengan Uni Soviet. Tujuan SEATO adalah untuk membendung komunis di Asia khususnya di Vietnam. Hal ini didasarkan pada adanya Teori Domino yakni apabila satu Negara jatuh ke tangan komunis, maka daerah sekitarnya akan terkena komunis pula. SEATO terbentuk atas dasar South East Asia Collective defence Treaty yang ditandatangani di Manila pada tanggal 8 September 1954. Anggotanya terdiri dari Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Australia, New Zeeland, Pakistan, Thailand dan Philipina.

Indonesia tidak bergabung dengan SEATO, Negara di kawasan Asia Tenggara hanya Thailand dan Philipina yang ikut bergabung. Hal ini berkaitan dengan politik luar negeri Indonesia yang bebas aktif, bebas artinya tidak tergabung dengan salah satu blok baik itu blok barat maupun blok timur, sedangkan aktif artinya Indonesia ikut aktif serta dalam menjaga perdamaian dunia.

Jadi: Alasan Indonesia tidak bersedia menjadi anggota South East Asian Treaty Organization (SEATO) adalah….B (SEATO tidak sesuai dengan politik luar negeri bebas aktif)

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *