Alat Pemuas Kebutuhan Manusia

Contoh Barang SubstitusiKebutuhan manusia tidak lepas dari peran barang dan jasa sebagai alat pemuas. Barang adalah benda-benda yang berwujud, yang digunakan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat. Barang ada yang sudah disediakan oleh alam seperti udara, air, ada pula yang disediakan manusia dengan cara meningkatkan nilai guna suatu barang dengan bantuan faktor produksi.Ditinjau dari segi keberadaannya

  1. Barang bebas. Barang yang keberadaannya dan jumlahnya tidak terbatas, sehingga untuk memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan bagi yang  membutuhkan dan dapat memberikan manfaat. Contohnya: udara, angin.
  2. Barang ekonomis. Barang yang berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia akan tetapi jumlah keberadaannya terbatas. Oleh karena itu untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Contoh, seseorang lapar membutuhkan makan, untuk memperoleh makanan harus membeli, untuk membeli dibutuhkan uang dan untuk mendapatkan uang dibutuhkan kerja dan seterusnya.

Ditinjau dari segi tujuan penggunaannya:

  1. Barang konsumsi. Barang yang langsung dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari (konsumsi) yang habis sekali pakai (makanan, minuman) dan tidak lekas habis atau tahan lama (pakaian).
  2. Barang produksi. Barang yang tidak habis pakai atau barang yang dipergunakan untuk proses produksi (suku cadang mesin)

Ditinjau dari hubungan dengan orang lain.:

  1. Barang substitusi. Barang yang dapat diganti dengan barang lain dengan manfaat dan fungsinya sama. Contohnya beras diganti dengan jagung.
  2. Barang komplementer. Merupakan barang yang saling melengkapi sehingga mempunyai manfaat. Contohnya: pena dengan tinta, buku tulis dengan alat tulis, meja dengan kursi dan sebagainya

Ditinjau dari sifatnya

  1. Barang bergerak. Barang yang dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain. Contoh motor, meja, kursi, bahan makanan dan sebagainya.
  2. Barang tak bergerak. Barang yang tidak mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat Contoh: tanah ladang, bangunan, pabrik dan sebagainya.
Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *