Awal Demokrasi Terpimpin

 Masa Demokrasi Terpimpin ditandai sejak… .

A. Pemilu 1955

B. Pembatalan KMB

C. Deklarasi Djuanda

D. Dekrit Presiden

E. Pembentukan Konsituante

Pemabahasan:

Demokrasi Terpimpin merupakan penyebutan untuk sistem pemerintahan Indonesia rentan waktu dari 1959 – 1965. Demokrasi Terpimpin adalah Demokrasi yang dipimpin oleh sila ke-4, “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam perwakilan permusyawaratan. Akan tetapi, pada pelaksanaannya, Demokrasi Terpimpin adalah demokrasi yang dipimpin oleh presiden Soekarno. Semua terpusat pada Presiden Soekarno.

Pelaksanaan Demokrasi Terpimpin di Indonesia diawali dengan adanya Konsepsi Presiden tanggal 21 Februari 1957. Isi konsepsi presiden antara lain: (1) demokrasi parlementer tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia, harus diganti dengan Demokrasi Terpimpin, (2) pembentukan kabinet kaki empat, (3) pembentukan dewan nasional.

Konsepsi Presiden tersebut menimbulkan perdebatan. Hingga pada akhirnya Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden 5 Juli 1959 yang isinya antara lain:

  1. Tidak berlakunya UUDS 1950, dan berlakunya kembali UUD 1945
  2. Pembubaran Konstituante
  3. Pembentukan MPRS dan DPAS

teks dekrit presiden

Keluarnya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 merupakan pertanda bagi berakhirnya Demokrasi Parlementer/Liberal dan berganti menjadi Demokrasi Terpimpin

*********

Kunci Jawaban: Masa Demokrasi Terpimpin ditandai sejak… . D. Dekrit Presiden

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *