Bantuan ekonnomi berupa pemberian kredit modal

Kebijakan ekonomi yang dilakukan dengan pemberian kredit modal pada pengusaha dijalankan pada masa kebijakan ekonomiā€¦ .

A. Gunting Syafrudin dan Ali Baba

B. Finec dan nasionalisasi de javasche bank

C. gerakan benteng dan munap

D. Ali baba dan Gerakan Benteng

E. RPLT dan Munap

Pembahasan:

  • Gunting Syafrudin yakni pemotongan uang
  • Ali Baba yakni kebijakan ekonomi yang mana pemerintah memberkan modal kepada pengusaha pribumi.
  • Finansial ekonomi (Finec) dilaksanakan pada masa Kabinet Burhanudin Harahap yakni kesepatakan ekonomi antara Indonesia dengan Belanda. Delegasi Indonesia dipimpin oleh Anak Agung Gde Agung.
  • nasionalisasi de javasche bank dilaksanakan pada masa Kabinet Sukiman yang mana de javasche bank dinasionalisasi kemudian berganti menjadi Bank Indonesia.
  • gerakan benteng dicetuskan oleh Soemitro Djojohadikusumo pada masa Kabinet Natsir. Ekonomi gerakan benteng bertujuan untuk melindungi pengusa dalam negeri dengan cara memberikan bantuan berupa kredit.
  • Musyawarah Nasional Pembangunan (Munap) memiliki tujuan untuk mengubah rencana pembangunan agar dapat dihasilkan pembangunan menyeluruh untuk jangka panjang.
  • Rencana Pembangunan Lima Tahun (RPLT) disiapkan oleh Biro Perancang Nasional (BPN) yang dipimpin oleh Djuanda. Program ini pertama kali dijalankan pada masa Kabinet Ali Sastroamidjojo II. Tujuan dari Rencana Lima Tahun adalah mendorong munculnya industri besar, munculnya perusahaan-perusahaan yang melayani kepentingan umum dan jasa pada sektor publik yang hasilnya diharapkan mampu mendorong penanaman modal dalam sektor swasta

Kunci jawaban:

Kebijakan ekonomi yang dilakukan dengan pemberian kredit modal pada pengusaha dijalankan pada masa kebijakan ekonomiā€¦ . D. Ali baba dan Gerakan Benteng