Bentuk Bentuk Pasar

Pasar yang keadaan pembeli dan penjual sama banyak, dan mereka sama sama mengetahui keadaan pasar. Pasar yang keadaannya seperti tersebut merupakan bentuk pasar… .

A. oligopoli

B. monopoli

C. persaingan tidak sempurna

D. persaingan sempurna

Pembahasan:

*

Pasar Oligopoli

Adalah pasar yang terdiri dari beberapa penjual dengan banyak pembeli. Pasar Oligopoli termasuk dalam Pasar Persaingan Tidak Sempurna. Beberapa contoh industry yang termasuk dalam pasar oligopoli yakni industry rokok, mobil, semen dan jasa penerbangan.

**

Pasar Monopoli

Adalah suatu bentuk pasar yang hanyamemiliki satu penjual dengan banyak pembeli. Harga ditentukan oleh penjual di pasar. Contoh pasar monopoli adalah PLN merupakan penyedia listrik, Pertamina menguasai produksi dan distribusi minyak bumi

***

Pasar persaingan tidak sempurna

Adalah pasar dimana terdapat satu atau beberapa penjual yang menguasai pasar atau harga, serta satu atau beberapa pembeli yang menguasai pasar atau harga. Bentuk bentuk pasar persaingan tidak sempurna antara lain:

  1. Pasar monopoli
  2. Pasar oligopoli
  3. Pasar monopolistis
  4. Pasar oligopsoni

****

Pasar persaingan sempurna

Adalah pasar dengan banyak pembeli dan penjual sehingga tidak satu pun dari masing masing penjual dan pembeli bisa menentukan harga. Banyaknya jumlah penjual dan pembeli menyebabkan penjual dan pembeli memiliki sifat penerima harga, karena tidak dapat menentukan harga yang tercipta di pasar.

*****

Jadi: Pasar yang keadaan pembeli dan penjual sama banyak, dan mereka sama sama mengetahui keadaan pasar. Pasar yang keadaannya seperti tersebut merupakan bentuk pasar… . D. persaingan sempurna

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *