Eksploitas perempuan pada masa pendudukan Jepang

Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia banyak perempuan yang diperlakukan tidak manusiawi, mereka antara lain dijadikan anggota… .

A. romusha

B. jugun ianfu

C. kempetai

D. bushido

E. seinendan

Pembahasan:

Romusha merupakan kerja paksa tanpa upah pada masa pendudukan Jepang. Tugas Romusha yaitu mengerjakan sarana militer untuk kepentingan Jepang. Tiap-tiap desa dibentuk panitia pengerahan tenaga yang disebut Romukyokai. Guna menarik simpati bangsa Indonesia, Jepang memberikan istilah Pahlawan Pekerja atau Prajurit Ekonomi bagi para Romusha.

jugun ianfu merupakan penyebutan untuk eksploitasi kaum wanita yang menjadi korban dalam perbudakan seks pada masa pendudukan Jepang.

Kempetai merupakan polisi militer atau juga sebagai polisi rahasia Jepang. Kampetai melakukan sensor terhadap media maassa dan mengawasi pihak pihak yang dicurigai oleh Jepang.

Bushido merupakan nilai nilai moral seorang samurai antara lain kesederhanaan, kesetiaan, penguasaan seni bela diri, dan kehormatan sampai mati.

Seinendan atau barisan pemuda dibentuk pada tanggal 9 Maret 1943. Anggotanya terdiri atas para pemuda berumur 14–22 tahun

Kunci jawaban:

Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia banyak perempuan yang diperlakukan tidak manusiawi, mereka antara lain dijadikan anggota… . B. jugun ianfu