Faktor terjadinya Revolusi Rusia 1917

Berikut ini adalah kondisi-kondisi yang memicu meletusnya Revolusi Rusia tahun 1917, kecuali…..

A. keterbelakangan Rusia dibandingkan dengan negara Eropa lain

B. kekalahan Rusia dalam perang melawan Jepang

C. penderitaan rakyat akibat penindasan yang dilakukan pemerintahan Tsar

D. keterlibatan Amerika Serikat dalam perang ideologi dengan Rusia

E. lahirnya kaum intelektual revolusioner di Rusia

Pembahasan:

Revolusi Rusia pada tahun 1917, diakibatkan oleh beberapa kondisi pendukung yang mengakibatkan pecahnya revolusi. Beberapa kondisi tersebut antara lain:

  • Pemerintahan Tsar Nicholas II dianggap sebagai pemerintahan yang absolut yang tidak memperhatikan nasib rakyat. Keluarga Tsar beserta pengikutnya selalu hidup dalam kemewahan dengan seringnya melakukan pesta-pesta mewah di istana, sementara rakyat hidup dalam keserbatiadaan dan kemelaratan
  • Adanya kesenjangan pendapatan antara Rusia dengan negara Eropa lain. Para pemilik modal di industri-industri Rusia sebagian besar berasal dari pengusaha-pengusaha Eropa di luar Rusia, terutama Inggris. Oleh karena itu, keuntungan hasil industri lebih banyak dinikmati oleh para kapitalis di luar Rusia.
  • Kehidupan rakyat yang berada dalam kemiskinan mendorong timbulnya gerakan-gerakan untuk menentang pemerintahan Tsar yang feodal. Gerakangerakan ini didukung oleh berbagai kalangan dalam masyarakat, seperti kaum petani, buruh serta kaum intelektual.
  • Pada tahun 1905, Rusia terlibat perang dengan Jepang. Peperangan tersebut dimenangkan oleh Jepang. Kekalahan Rusia atas Jepang merupakan suatu pukulan yang terberat dan sangat memalukan bagi Rusia.

Jadi: Berikut ini adalah kondisi-kondisi yang memicu meletusnya Revolusi Rusia tahun 1917, kecuali….. E. lahirnya kaum intelektual revolusioner di Rusia

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *