Faktor Utama Dikeluarkannya Dekrit Presiden

Sistem Demokrasi Liberal ternyata membawa akibat yang kurang menguntungkan bagi stabilitas politik. Selain ditandai oleh sistem kabinet parlementer, juga ditandai oleh sistem multipartai. Pertentangan antarpartai mewarnai sidang sidang DPR dan Konstituante sehingga meningkatkan suhu politik. Kondisi tersebut menyebabkan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Faktor utama dikeluarkannya Dekrit tersebut adalah… .

A. kegagalan konstituante menyusun UUD

B. diberlakukannya kembali UUD 1945

C. dibubarkan DPR hasil pemilu oleh Presiden

D. tidak berlakunya UUDS 1950

Pembahasan:

teks dekrit presidenBerbagai kondisi yang ada membuat pada akhirnya Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit pada tanggal 5 Juli 1959. “Dekrit” adalah perintah yang dikeluarkan oleh kepala negara maupun pemerintahan dan memiliki kekuatan hukum. Dekrit Presiden 5 Juli 1959 dikeluarkan presiden Soekarno dikarenakan kondisi Indonesia darurat. Pertikaian yang terus menerus dikhawatirkan akan membawa perpecahan Indonesia. Faktor utama dari keributan itu adalah Konstituante gagal dalam membuat Undang Undang Dasar baru. Hal ini dikarenakan masing-masing partai mementingkan kepentingan partai daripada kepentingan nasional.

Konstituante itu apa??

Konstituante adalah sebuah badan yang bertugas membuat Undang Undang Dasar baru. Hal ini dikarenakan pada masa Demokrasi Liberal, Indonesia masih menggunakan UUDS, yakni Undang Undang Dasar Sementara. Maka pada Pemilu 1955 diadakan pemilihan terhadap anggota Konstituante. Anggota Konstituante berjumlah 514 dan diketuai oleh Wilopo.

Isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959:

  1. Kembali berlakunya UUD 1945 dan Tidak berlakunya UUDS 1950
  2. Pembubaran Konstituante
  3. Pembentukan MPRS dan DPAS

**

Pembubaran DPR hasil Pemilu 1955

Sedangkan untuk pembubaran DPR itu terjadi pada saat Demokrasi Terpimpin. DPR hasil Pemilu 1955 dibubarkan oleh presiden Soekarno pada tanggal 5 Maret 1960 dan kemudian dibentuk DPR Gotong – Royong (DPR-GR) yang anggotanya ditunjuk oleh Presiden Soekarno. Salah satu penyebab kenapa DPR hasil pemilu dibubarkan adalah dikarenakan DPR menolak RAPBN yang diajukan pemerintah.

*********

Jadi: Faktor utama dikeluarkannya Dekrit tersebut adalah… . A. kegagalan konstituante menyusun UUD

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *