Fungsi Laten Pendidikan

smp muhammadiyah 6 ngawiFungsi ini merupakan fungsi tidak langsung karena tidak serta-merta dirasakan oleh masyarakat. Pendidikan dalam waktu yang relatif lama dari jenjang pendidikan dasar sampai perguruan tinggi menghambat kemandirian atau kedewasaan anak. Sepanjang menempuh pendidikan formal, anak pada umumnya masih tergantung kepada orang tua, terutama formal, anak pada umumnya masih tergantung kepada orang tua, terutama yang berkaitan dengan pembiayaan.Fungsi laten lembaga pendidikan adalah fungsi dari konsekuensi lembaga pendidikan yang tidak dikehendaki dan dapat diramalkan, yaitu:

  1. Perpanjangan masa ketidakdewasaan, dengan demikian menunda peralihan masa kedewasaan anak. Pelanjutan sekolah anak berarti menunda masuknya anak dalam dunia kerja, yang menyebabkan ketergantungan pada keluarga. Ketergantungan inilah yang akan berdampak bagi proses sosial anak sebagai generasi muda.
  2. Melunturnya budaya hormat dan berbakti kepada orang tua. Dengan demikian, proses sosialisasi yang terjadi pada anak tidak dapat diketahui atau dikontrol oleh keluarga (hilangnya fungsi kontrol keluarga).
  3. Menjadi saluran bagi mobilitas sosial dalam masyarakat. Seseorang yang berasal dari kalangan bawah, melalui lembaga pendidikan dapat mengejar cita-cita menjadi seorang yang professional dan dapat menempati kalangan atas, misalnya menjadi pegawai tinggi.
  4. Melemahnya pengawasan orang tua. Dengan keluar dari daerah atau kota untuk melanjutkan pendidikan sehingga membentuk lingkungan sendiri yang terpisah dari lingkungan keluarga, akan menghilangkan kontrol sosial keluarga terhadap anak. Lemahnya pengawasan orang tua ini akan berdampak pada pembentukan identitas baru pada anak, yakni proses penyesuaian diri dengan lingkungan barunya.
  5. Mempertahankan sistem kelas sosial. Dengan pendidikan yang diperoleh seseorang, orang dapat mempertahankan sekaligus meningkatkan status sosial tersebut. Tetapi tergantung dari sudut penilaian atau sudut pandang masyarakat yang bersangkutan.

Sumber: Aman, Grendy Hendrastomo, Nur Hidayah (2009). SOSIOLOGI 3 untuk SMA/MA KELAS XII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

.

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *