Fungsi Pranata Sosial

Pernyataan yang paling tepat dalam menunjukkan fungsi pranata sosial adalah… .

A. sebagai identitas dan kepentingan individu

B. penegakan tata aturan yang sesuai dengan fungsi sosialnya

C. menjadi acuan nilai dan norma bertingkah laku di dalam masyarakat

D. berfungsi sebagai sarana control sosial perilaku individu

Pembahasan:

pranata sosialPranata sosial adalah terjemahan dari istilah asing social institution. Walaupun social institution ada yang menerjemahkan dengan istilah lembaga kemasyarakatan. Dipergunakan istilah pranata sosial karena social institution menunjuk pada adanya unsur-unsur yang mengatur perilaku para anggota masyarakat. Koentjaraningrat (1974) dalam bukunya berjudul Pengantar Antropologi mengatakan bahwa pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang terpusat kepada aktivitas-aktivitas untuk memenuhi kompleks kebutuhan khusus dalam kebutuhan masyarakat.

Adapun menurut Cohen (1983) menyatakan bahwapranata sosial adalah sistem pola-pola sosial yang tersusun rapi dan relatif permanen serta mengandung perilaku-perilaku tertentu yang kokoh dan terpadu demi pemuasan dan pemenuhan kebutuhan-kebutuhan pokok masyarakat.

Pranata sosial adalah suatu aturan atau kaidah yang mengatur perilaku seseorang di masyarakat agar sesuai dengan adat istiadat yang berlaku dan telah disepakati bersama oleh masyarakat setempat. Pada dasarnya, fungsi pranata sosial dibentuk untuk membangun kebersamaan sehingga tercipta hidup rukun, aman, nyaman sehingga bisa mencapai tujuan yang sama.

Kunci jawaban:

Pernyataan yang paling tepat dalam menunjukkan fungsi pranata sosial adalah… . C. menjadi acuan nilai dan norma bertingkah laku di dalam masyarakat

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *