Hari terakhir liga Inggris musim 2018-2019

Malam ini pukul 21.00 WIB, sepuluh pertandingan liga Inggris digelar serentak. Ini merupakan pekan ke-38 atau pertandingan terakhir liga Inggris untuk musim 2018-2019.

Liga Inggris musim ini sebenarnya tidak berbeda jauh dari musim lalu, ya hanya klub itu itu saja yang mendominasi papan atas. Tapi dibandingkan liga lain, liga inggris memiliki kelebihan yang tersendiri yakni persaingan berada pada banyak klub, tidak ada hanya segelintir klub saja seperti liga Spanyol yang hanya ada Barcelona, Atletico Madrid dan Real Madrid. Liga Italia masih didominasi oleh Juventus yang musim ini kembali merengkuh gelar Serie-A sebelum pertandingan terakhir dengan jarak poin yang jauh dari perangkat kedua. Liga Perancis juga sama saja, musim ini PSG kembali tidak terbendung untuk meraih gelar juara liga.

Liga besar Eropa yang belum memastika juara yaitu Liba Belanda yang masih terjadi persaingan sengit antara Ajax dengan PSV. Sampai pekan ke 32 dari 34 pekan yang harus dilewati, poin kedua klub masih sama yakni 80 poin. Di Jerman, persaingan juga kembali hanya dilakukan oleh Bayern Munchen da Dortmund, sampai pekan ke-33 dari 34 pekan yang harus dilakoni, Munchen masih berada di puncak klasemen dengan unggul 2 poin dari Dortmund yang berada di peringkat kedua.

Lha terus liga Inggris???

liga inggris

Musim ini liga Inggris terlihat special. Persaingan terlihat seru dari awal musim hingga akhir musim. Liverpool yang awalnya tidak akan terbendung pada paruh pertama musim, mulai tersendat pada awal tahun 2019 dan harus merelakan posisinya yang direbut oleh Manchester City. Manchester City berambisi untuk mempertahankan gelar juara liga.

Kedua klub inilah yang berjuang untuk memperebutkan title liga Inggris musim ini. Sampai pekan ke-37, Manchester City masih duduk diperingkat ke-1 dengan poin 95, sedangkan Liverpool yang duduk diperingkat ke-2 memiliki poin 94, yang artinya hanya terpaut 1 poin. Liga Inggris harus ditentukan pada pertandingan pekan terakhir Liga Inggris.

Manchester City harus bertandang ke kandang Brighton.

Liverpool menjamu Wolverhampton di stadion Anfield.

Brighton vs Manchester City

Brighton kerap menyulitkan tim tim besar, seperti pada pekan 37 berhasil menahan Arsenal (1-1), juga pernah mengalahkan Manchester United (3-2). Brighton memberikan kesulitan bagi tim tim besar Liga Inggris. Meskipun kalah, namun Brighton memberikan perlawanan yang sengit. Hal ini terbukti dari kekalahan yang diderita dari tim papan atas hanya berselisih 1 gol hingga 2 gol.

Pada pertemuan pertama antara Manchester City dengan Brighton (29/9/2018), Mancheseter City berhasil unggul dengan skor 2-0. Gol dari City dicetak oleh Sterling 29’ dan Aguero 65’. Brighton menerapkan pertahanan yang sangat kuat, mereka kalah dari segi apapun. Pada pertandingan tersebut City berhasil menguasai presentasi pertandingan hingga 81% dan melakukan 28 tendangan hasilnya hanya masuk 2 gol saja. Ini menggambarkan Brighton bisa menyulitkan City. Apalagi pertandingan nanti malam, Brighton akan main dikandangnya sendiri.

Kekalahan terbesar Brighton di kadangan sendiri adalah melawan Bournemouth dengan skor 0-5. Pada pertandingan tersebut salah satu pemain Brighton dikartu merah. Penguasan bola lebih unggul Brighton akan tetapi Bournemouth lebih efesien dalam menyelesaikan peluang.

Berikut ini akan disajikan data mengenai peforma Brighton ketika menghadapi tim besar di kandangnya sendiri, Stadion Falmer:

  • Tanggal 12/01/2019 Brighton vs Liverpool skor 0-1
  • Tanggal 27/12/2018 Brighton vs Arsenal skor 1-1
  • Tanggal 16/12/2018 Brighton vs Chelsea skor 1-2
  • Tanggal 22/09/2018 Brighton vs Tottenham skor 1-2
  • Tanggal 19/08/2018 Brighton vs Manchester United skor 3-2

Penampilan Manchester City pada beberapa pertandingan kurang menyakinkan. Memang benar Manchester City selalu menang dan hanya kalah melawan Totenham dengan skor 1-0 itupun di Liga Champions. Untuk hasil pertandingan liga Inggris Manchester City hanya meraih kemenangan dengan margin rata rata 1 gol. Berikut ini 10 pertandingan tandang terakhir Manchester City :

  • Newcastle (2-1)
  • Everton (0-2)
  • Schalke (2-3) babak 16 besar Liga Champions
  • Bournemouth (0-1)
  • Swansea (2-3) di perempat final Piala Fa
  • Fulham (0-2)
  • Tottenham (1-0) babak perempat final Liga Champions
  • Crystal Palace (1-3)
  • Manchester United (0-2)
  • Burnley (0-1)

Dilihat dari berbagai pertandingan tersebut, hasil akhir Manchester City menang dengan skor maksimal margin 2 gol. Malah City menelan kekalahan di Liga Champions atas Totenham yang memaksa mereka kembali gagal di Liga Champions. Skor yang rata rata 1 sampai 2 gol tersebut sebenarnya tidak menggambarkan pertandingan yang sesungguhnya.

Sebagai contoh pertandingan antara Burnley vs Manchester City di Stadion Turf Moor yang berujung gol tunggal dari Sergio Aguero 63′. Padahal kalau melihat pertandingan secara langsung, skor seharusnya lebih dari itu. City menguasai 70% penguasaan bola dan melakukan 25 tendangan yang 7 mengarah ke arah gawang sedangkan Burnley hanya melakukan 2 tendangan tanpa mengarah gawang. Rata rata Manchester City melakukan penguasaan bola kisaran 60-70% penguasaan bola dan melakukan banyak tendangan ke gawang. Tetapi kenapa hanya menghasilkan sedikit gol??? Berbeda pada saat awal musim dan pertangahan musim???

Mungkin hal ini dikarenakan setiap lawan yang berhadap dengan Manchester City menerapkan taktik parkir bis alias bertahan. Mereka akan menunggu pasukan City disepertiga lapangan. Mereka bertahan dengan sangat rapat yang menyulitkan pemain City untuk masuk kedalam kotak penalti. Penyebab lainnya juga mungkin dikarenakan adanya penurunan terhadap performa penyerang City, dan lawan mulai mengetahui skema serangan Manchetser City.

Bisakah Manchester City unggul dikandang Brighton ???

Menang tipis, atau menang tebal???

*****

Liverpool vs Wolves

Di Anfield, Liverpool akan menjamu Wolverhampon Wanderes.

Peluang lebih besar jelah pada kubu tuan rumah. Setelah melakukan comeback luar biasa atas Barcelona dan memastikan diri ke babak final Liga Champions, semangat pasukan Anfield berlipat ganda. Misi mereka tinggal mengalahkan Wolves, dan berharap Manchester City tidak mendapatkan poin penuh di kandang Brighton. Kalau scenario itu berlaku maka Liverpool akan keluar menjadi pemenang Liga Inggris musim 2018-2019. Kalau melihat perform Liverpool sangat mengalahkan Barcelona di leg kedua semifinal Liga Champions, mengalahkan Wolves bukanlah hal yang sulit.

Sekarang kita lihat perform dari Wolverhampon Wanderes tim yang merupakan pendatang liga Inggris musim 2018-2019. Wolves adalah satu satunya tim dari tiga tim promosi yang masih bertahan di liga Inggris untuk musim mendatang. Wolves sekarang duduk diperingkat ke-7 dengan poin 57. Apapun hasil dari pertandingan ini, Wolves akan tetap berada diperingkat ke-7. Pada 3 pertandingan terakhir, Wolves berhasil memetik poin sempurna yakni 9 dengan salah satu tim yang dikalahkan adalah Arsenal 3-1.

Untuk laga tandang melawan tim besar, berikut hasilnya:

  • Tanggal 10/03/2019 Chelsea vs Wolves skor pertandingan 1-1
  • Tanggal 15/01/2019 Manchester City vs Wolves skor pertandingan 3-0
  • Tanggal 29/12/2018 Tottenham vs Wolves skor pertandingan 1-3
  • Tanggal 11/11/2018 Arsenal vs Wolves skor pertandingan 1-1
  • Tanggal 22/09/2018 Manchester United vs Wolves skor pertandingan 1-1

Dari perfoma tersebut, hasilnya tidaklah buruk buruk amat. Mereka hanya kalah dengan Manchester City itupun dengan faktor salah satu pemain Wolves mendapatkan kartu merah pada menit 19’. Sedangkan pertandingan lain berhasil mengimbangi tuan rumah.

Sebelumnya Liverpool pernah bertemu dengan Wolves pada putaran babak ketiga piala FA.

Bermain Stadion Molineux, Liverpool harus menyerah dari tuan rumah dengan skor 2-1. Gol Wolves dicetak oleh Jimenz 38’ dan Ruben Neves 55’, sedangkan gol Liverpool dicetak oleh Origi 51’. Pada pertandingan tersebut Jurgen Klop memainkan banyak pemain cadangan misalnya kipper Mignolet. Alberto Moreno, Lovren, Rafael Camacho, C Jones, Sturidge. Dilihat dari komposisinya, itu bukanlah komposisi utama dari Liverpool. Makanya kalau hasilnya Liverpool kalah, itu bukanlah hal yang patut dibesar besarkan. Dan juga pada minggu minggu tersebut, performa Liverpool sedang menurun. Hal ini terlihat sebelum pertandingan tersebut, Liverpool kalah dari Manchester City (2-1), dan pertandingan selanjutnya yang mana Liverpool sulit mendapatkan kemenangan Brighton (0-1), Crystal Palace (4-3), Leicester (1-1), West Ham (1-1), Manchester United (0-0) dan Everton (0-0).

Jadi pertemuan pertama tidak bisa dijadikan acuan bahwa Wolverhampton bisa kembali unggul. Hal ini dikarenakan setelah pekan pekan sulit tersebut, Liverpool bangkit meraih kemenangan demi kemenangan.

Musim ini Liverpool baru sekali kalah yakni melawan Manchester City.

Sedangkan untuk pertandingan di Anfield, Liverpool sangatlah sulit dikalahkan

  • Pada tanggal 27/09/2018 Liverpool kalah atas Chelsea babak ketiga Piala Liga Inggris dengan skor 1-2
  • Pada tanggal 07/10/2019 Liverpool vs Manchester City (0-0)
  • Pada tanggal 31/01/2019 Liverpool vs Leicester (0-0)
  • Pada tanggal 20/02/2019 pada babak 16 Liga Champions Liverpool vs Bayern Munchen (0-0)

Selebihnya itu, Liverpool berhasil melumat tim tim lainnya skor yang besar seperti melawan Barcelona (4-0), Huddersfield (5-0), Chelsea (2-0), Watford (5-0), Bournemouth (3-0), Arsenal (5-1), Newcastle (4-0), Manchester United (3-1), Cardiff (4-1), Red Star (4-0), Southampton (3-0), West Ham (4-0).

Liverpool bisa kuara kalau mereka bisa menang atas Wolves dengan hasil pertandingan Manchester City vs Brighton berakhir dengan kekalahan City, atau hasil pertandingan seri.

Kalau melihat perform tersebut, Liverpool kemungkinan besar akan unggul atas Wolves. Tapi ini adalah sepakbola yang mana segala hal mungkin terjadi.

Bisa jadi Manchester City bisa mempertahankangelar Liga Inggris musim 2018-2019

Atau Bisa jadi Liverpool dengan penantian panjangnya yang bisa juara Liga Inggris

Kita akan menyaksikannya pukul 21.00 WIB.

Jadwal liga inggris pekan ke-38

Tottenham vs Everton

Manchester United vs Cardiff

Watford vs West Ham

Southampton vs Huddersfield

Leicester vs Chelsea

Fulham vs Newcastle

Liverpool vs Wolves

Crystal Palace vs Bournemouth

Brighton vs Manchester City

Burnley vs Arsenal

Please follow and like us:
0
3 Comments
    • Doni Setyawan

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *