Indonesia dijajah Belanda 350??

indonesia dijajah 350 tahun“Indonesia dijajah Belanda 350 tahun”

Benarkah pernyataan itu?

Istilah mengenai Indonesi dijajah 350 tahun berawal dari pidato Presiden Seokarno.

“lebih menderita dijajah Jepang 3,5 tahun, daripada dijajah Belanda selama 3,5 abad”

Kita harus tahu dulu, kapan Belanda datang ke Indonesia??

Belanda terpaksa mencari tempat penghasil rempah rempah dikarenakan adanya larangan terhadap pedagang Belanda untuk berdagang di Lisabon/Lisbon, Portugal. Pedagang Belanda awalnya mendapatkan rempah rempah di Lisbon

Belanda pertama kali mendarat di Indonesia adalah di Banten pada tanggal 27 Juni 1596 yang dipimpin oleh Cornelius de Houtman. Cornelius de Houtman sampai ke Banten dalam rangka untuk berdagang rempah-rampah. Saat itu Kerajaan Banten dipimpin oleh Sultan Abdul Mufakir. Pada awalnya disambut dengan baik oleh rakyat Banten. Akan tetapi dikarenakan sikapnya yang memaksa, maka rombongan dari Cornelius de Houtman diusir dari Banten (2 Agustus 1597).

Rombongan kedua datang pada 28 November 1598 dibawah pimpinan Jacob van Neck yang lebih bersikap hati hati.

Apakah sudah ada penjajahan? Jawabnya adalah BELUM

**

Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) dibentuk pada tanggal 20 Maret 1602.

VOC merupakan kongsi dagang Belanda. Kongsi dagang ini memiliki hak istimewa yang bernama hak octroi. Hak inilah yang membuat VOC layaknya sebuah negara di dalam negara. VOC berhasil menguasai berbagai wilayah di Indonesia. Pada masa VOC inilah Belanda, melalui kongsi dagangnya mulai menguasai berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

30 Mei 1919, VOC berhasil merebut Jayakarta dibawah pimpinan J.P Coen dan mengubah nama kota itu menjadi Batavia

VOC dibubarkan pada tanggal 31 Desember 1799.

Perlu diingat VOC merupakan kongsi dagang dari Belanda

Berarti dari tahun 1602-1799 Indonesia “hanya’ dikuasai oleh sebuah kongsi/perkumpulan dagang

**

Selanjutnya…

Ternyata selain dijajah Belanda, bangsa Indonesia juga pernah dijajah oleh Perancis (tidak secara langsung), Inggris dan juga Jepang.

Perancis pernah menjajah Indonesia? Jawabannya adalah IYA.

Pada tahun 1795, Napoleon Bonaparte berhasil menguasai Belanda. Louis Napoleon ditunjuk sebagai penguasa di Belanda. Pada tahun 1808 Louis Napoleon menunjuk Herman Willem Daendels untuk menjadi gubernur jendera di Indonesia. Pada tahun 1811, Daendels digantikan oleh Janssens

Belanda baru merdeka dari Perancis pada tahun 1815.

**

Indonesia dijajah Inggris

Inggris berhasi menguasai Jawa pada tanggal 18 September 1811 dengan adanya Kapitulasi Tuntang. Belanda kemudian menunjuk Thomas Stamford Raffles sebagai gubernur jenderal Inggris di Indonesia. Inggris baru keluar dari Indonesia pada tahun 1816. Berdasarkan Konvensi London wilayah Indonesia dikembalikan kepada Belanda.

**

Indonesia dijajah Jepang.

Pada saat terjadi Perang Dunia II, wilayah Indonesia tidak luput dari invasi tentara Jepang. Jepang berhasil menguasai wilayah Indonesia dengan adanya Perjanjian Kalijati tanggal 8 Maret 1942. Kesepakatan ini secara resmi menandakan masa pendudukan Jepang di Indonesia yang berakhir pada tanggal 17 Agustus 1942 dengan adanya peristiwa Proklamasi Kermerdekaan Indonesia.

**

Kapan Indonesia merdeka???

Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.

Sedangkan menurut Belanda, Indonesia merdeka adalah pada tanggal 27 Desember 1949 berdasarkan hasil dari Konferensi Meja Bundar yang salah satu poin pokoknya pengakuan kedaulatan RIS. Hal ini dikarenakan setelah proklamasi, bulan September 1945 tentara AFNEI (Sekutu) datang ke Indonesia dan didalamnya terdapat pasukan NICA (Belanda) yang berusaha kembali menjajah Indonesia. Bisa dikatakan secara kasarnya dari tahun 1945-1949, negara Indonesia dikuasai oleh Belanda.

**

Sebelum menjadi INDONESIA, di Indonesia terdapat berbagai kerajaan-kerajaan yang terpecah belah. Ada kerajaan Aceh, Banten, Banjar, Mataram Islam, Gowa-Tallo, Ternate, Tidore ddl. Masing-masing daerah berbeda waktunya dijajah Belanda. Sebagai contoh Mataram yang menguasai hampir seluruh pulau baru dikuasi oleh Belanda ketika berhasil melakukan Perjanjian Gianti (1755) yang memecah Mataram menjadi 2 yakni Kasultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta. Sedangkan untuk Aceh benar benar dikuasai Belanda setelah ditandatanganinya Traktat Pendek (1904) yang isinya menyatakan bahwa Aceh mengakui kekuasaan Belanda atas Aceh.

Setelah adanya politik Etis yang melahirkan golongan cendikiawan, mulai muncul kesadaran nasional. Muncul berbagai organisasi organisasi modern dengan berbagai corak yang ada.  Organisasi yang menggunakan nama “Indonesia” pertama kali adalah Indonesische Verenenging di Belanda pada tahun 1922 atas inisiatif dari Hatta. Kalau di Indonesia terdapat pula organisasi yang menggunakan nama Indonesia yakni Partai Komunis Indonesia (1924) dan Partai Nasional Indonesia (1927)

Kalau konsep tentang Indonesia dan kebulatan tekad untuk bergabung menjadi satu terjadi pada saat Sumpah Pemuda 1928 yang berbunyi:

Kami Putra dan Putri Indonesia

Mengaku bertumpah darah yang satu tanah air Indonesia

Kami Putra dan Putri Indonesia

Mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia

Kami Putra dan Putri Indonesia

Menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia

*********

Kesimpulan:

Kalau dihitung dari kedatangan Belanda, maka hasilnya

1945-1596 = 349 tahun berarti kurang lebih 350 tahun. Berarti pernyataan kalau Indonesia dijajah Belanda 350 tahun tidak bisa disalahkan.

Kalau dihitung dari berdirinya VOC

1945-1602 = 343 tahun

Dan kalau lebih detail lagi VOC baru menguasai Jayakarta dan merubah namanya menjadi Batavia pada tahun 1919.

1945-1619 = 326 Tahun.

Indonesia bukan hanya Jakarta saja

Sebagai contoh Aceh baru dikuasi Belanda berdasarkan Traktat Pendek pada tahun 1904.

1945-1904= 41 tahun

Kalau dihitung dari Sumpah Pemuda

1945-1928 = 17 tahun

Akan tetapi perlu kita ingat, bahwa selama itu penjajahan Belanda di Indonesia tidak berjalan mulus terus akan tetapi sempat beberapa kali terganti yakni :

Belanda dijajah Perancis sehingga secara tidak langsung Indonesia dijajah Perancis dari tahun 1808-1811 = 3 tahun

Indonesia dikuasai oleh Inggris dari tahun 1811-1816 = 5 tahun

Indonesia dijajah Jepang dari tahun 1942-1945 = 3 tahun

Jika ditotal lama tahun 17 tahun.

Kalau dihitung lahirnya Negara Indonesia

Negara Indonesia lahir tahun 1945. Belanda mengakui kemerdekaan Indonesia tahun 1949.

1949-1945 = +4 tahun. Akan tetapi biasanya periode dari tahun 1945-1949 disebut sebagai masa mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Jadi dari hasil yang ruwet dan tidak jelas tadi bisa sedikit diambil garis besar bahwa Indonesia dijajah selama 350 tahun kurang begitu tepat. Ungkapan dijajah 350 tahun dilontarkan Bung Karno dalam rangka membakar api nasionalisme bangsa Indonesia saat itu.

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *