Isi Dasasila Bandung

konferensi asia afrikaKonferensi Asia Afrika pun dilaksanakan di Bandung tanggal 18–24 April 1955. Konferensi Asia Afrika dilaksanakan pada masa Kabinet Ali Sastroamijoyo I. Ketua konferensi adalah Mr. Ali Sastroamidjojo, ketua panitia kebudayaan adalah Mr. Muh. Yamin, dan ketua panitia bagian perekonomian adalah Prof. Ir. Roosseno. Sekretaris jenderal konferensi dipegang oleh Ruslan Abdul Gani. Negara yang hadir berjumlah 29 negara.

Inti dari Konferensi Asia Afrika di Bandung adalah pernyataan mengenai usaha memajukan perdamaian dan kerja sama di dunia berdasarkan prinsip-prinsip sebagai berikut:

[A] Menghormati hak-hak dasar manusia dan tujuantujuan serta asas-asas yang termuat dalam Piagam PBB.

[B] Menghormati kedaulatan dan integritas territorial semua bangsa.

[C] Mengakui persamaan semua suku bangsa dan persamaan semua bangsa besar maupun kecil.

[D] Tidak melakukan intervensi atau campur tangan dalam soal-soal dalam negeri negara lain.

[E] Menghormati hak tiap-tiap bangsa untuk mempertahankan diri sendiri secara sendirian atau secara kolektif yang sesuai dengan Piagam PBB.

[F] (1) Tidak mempergunakan peraturan-peraturan dari pertahanan kolektif untuk bertindak bagi kepentingan khusus dari salah satu negaranegara besar. (2) Tidak melakukan tekanan terhadap negara lain.

[G] Tidak melakukan tindakan-tindakan atau ancaman agresi ataupun penggunaan kekuasaan terhadap integritas teritorial atau kemerdekaan politik suatu negara.

[H] Menyelesaikan segala perselisihan-perselisihan internasional dengan jalan damai, seperti perundingan, persetujuan, arbitrase atau penyelesaian hakim, ataupun lain-lain cara damai lagi menurut pilihan pihak-pihak yang bersangkutan yang sesuai dengan Piagam PBB.

[I] Memajukan kepentingan bersama dan kerja sama.

[J] Menghormati hukum dan kewajiban-kewajiban internasional

Kesepuluh prinsip tersebut kemudian dikenal dengan nama Dasasila Bandung

Baca juga materi;

Kabinet Ali Sastroamijoyo I

Konferensi Asia Afrika

Dampak Pelaksanaan Konferensi Asia Afrika

Sumber materi:

Agung Feryanto,..[et al]. 2009.  Ilmu Pengetahuan Sosial : Kelas IX untuk SMP/MTS.Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Please follow and like us:
0
No Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *