Isi Maklumat Tanggal 3 November 1945

Maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945 tentang… .

A. pembentukan Partai Nasional Indonesia

B. pembentukan kabinet parlementer

C. pembentukan propinsi di Indonesia

D. pembentukan komite nasional Indonesia

E. pembentukan partai  politik

Pembahasan:

moh hattaMaklumat pemerintah tanggal 3 November 1945 berisi tentang mendorong pembentukan partai partai politik di Indonesia. Maklumat ini dikeluarkan sebagai persiapan pemilu yang rencanya akan dilaksanakan tahun 1946. Maklumat tanggal 3 November 1945 dikeluarkan oleh wakil presiden, Moh Hatta.

Maklumat X tanggal 3 November 1945 berisi anjuran:

  1. Pemerintah menyukai timbulnya partai partai politik karena dengan adanya partai partai itulah dapat dipimpin kejalan yang teratur segala aliran paham yang ada dalam masyarakat.
  2. Pemerintah berharap supaya partai partai politik itu telah tersusun, sebelumnya dilangsungkan pemilihan anggota badan badan perwakilan rakyat pada bulan Januari 1946.

Kemudian lahirlah partai partai politik di Indonesia seperti Masyumi (7 November 1945), Partai komunis Indonesia (7 november 1945), Partai nasional Indonesia (29 Januari 1946), Partai Sosialis Indonesia (10 November 1945), Partai Rakyat Sosialis (20 November 1945), dsb.

***

pembentukan Partai Nasional Indonesia terjadi pada saat sidang PPKI III tanggal 22 Agustus 1945. Partai Nasional Indonesia (PNI) menjadi partai tunggal di Indonesia pada saat itu. Pembentukan PNI ditujukan untuk mewujudkan negara Republik Indonesia yang berdaulat, adil, dan makmur berdasarkan kedaulatan. Namun rencana PNI sebagai partai tunggal ditolak oleh banyak pihak dan kemudian dibatalkan

***

pembentukan kabinet parlementer berdasarkan dari maklumat tanggal 14 November 1945. Maklumat tanggal 14 November 1945 menjadi pertanda dimulainya sistem parlementer menggantikan sistem pemerintahan presidensial. Adanya pergantian dari sistem presidensial menjadi parlementer ini memiliki tujuan agar menyempurnakan tata usaha negara kepada susunan demokrasi. Sebagai perdana menteri adalah Sutan Syahrir. Kabinet yang dipimpin perdana menteri bertanggung jawab kepada BP-KNIP.

***

pembentukan propinsi di Indonesia dilaksanakan pada sidang PPKI II tanggal 19 Agustus 1945. Pada sidang PPKI II ini ditetapkan pembagian wilayah Indonesia menjadi 8 Provinsi yakni Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, Sunda Kecil, Sulawesi dan Maluku.

***

pembentukan komite nasional Indonesia merupakan hasil sidang PPKI I. Tugas dari Komite Nasional Indonesia adalah membantu presiden sebelum terbentuknya DPR hasil pemilu. KNIP resmi terbentuk pada sidang PPKI III dengan ketuanya Kasman Singodimejo dan wakilnya M.Sutarjo, Latuharhary, serta Adam Malik.

*********

Maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945 tentang… . E. pembentukan partai politik

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *