Isi terpenting Prasasti Tugu

Prasasti Tugu adalah prasasti Kerajaan Tarumanegara terpenting yang berisi antara lain tentang…

a. Pemindahan pusat kerajaan ke Jawa Timur oleh Mpu Sindok

b. Berkembangnya Kediri pada masa Airlangga

c. Pengangkatan Balaputeradewa sebagai raja

d. Pembuatan saluran Gomati

e. Penulisan Kitab Pararaton

Pembahasan:

Prasati Tugu, ditemukan di daerah Tugu (Jakarta). Prasasti ini merupakan prasasti terpanjang dari semua prasasti peninggalan Raja Purnawarman. Prasasti ini berbentuk puisi Anustubh. Tulisannya dipahatkan pada sebuah batu bulat panjang secara melingkar.

Bunyinya dari Prasasti Tugu:

“Dahulu kali yang bernama Kali Chandrabhaga (= Kali Bekasi) digali oleh Maharaja Yang Mulia yang mempunyai lengan yang kencang dan kuat, yakni Raja Purnawarman. Setelah melewati istana baginda yang masyhur, kali itu dialirkan ke laut. Kemudian, di dalam tahun ke-22 dari takhta baginda, Raja Purnawarman yang berkilau karena kepandaian dan kebijaksanaannya serta menjadi panji segala raja, memerintahkan pula menggali kali yang indah serta jernih airnya. Kali Gomati namanya. Kali ini mengalir di tengah-tengah kediaman Sang Pendeta Nenekda Sang Purnawarman. Pekerjaan ini dimulai pada hari yang baik, yakni pada tanggal 8 paro peteng bulan Phalguna dan diakhiri pada hari tanggal 13 paro terang bulan Caitra. Galian itu panjangnya 6.122 tumbak. Untuk itu, diadakan selamatan yang dilaksanakan oleh para brahmana. Untuk selamatan itu, Raja Purnawarman mendharmakan seribu ekor sapi”.

Dari prasasti ini dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.

  • Purnawarman memerhatikan kemakmuran rakyatnya.
  • Kerajaan Tarumanegara bersifat agraris dan sudah memiliki sistem irigasi.
  • Masyarakatnya hidup teratur dengan gotong royong.
  • Agama yang dianut adalah Hindu, terbukti dari hewan yang digunakan untuk kurban adalah lembu.

Kunci jawaban:

Prasasti Tugu adalah prasasti Kerajaan Tarumanegara terpenting yang berisi antara lain tentang… d. Pembuatan saluran Gomati

SEMOGA BERMANFAAT