Kabinet Kerja Reshuffle jilid III

resuffle ke 3 kabinet kerjaPresiden Joko Widodo atau Jokowi kembali melakukan reshuffle pada kabinet Kerja pada tanggal 17/1/2018. Sebelumnya presiden Jokowi pernah melakukan 2x resuflle kabinet. Ada beberapa penyebab presiden untuk kesekian kalinya salah satunya adalah adanya menteri yang mengundurkan diri dikarenakan mengikuti kontestasi pemilihan gubernur. Selain itu juga untuk memperkuat posisi guna Pilpres tahun 2019.Ada empat anggota baru dalam kabinet Jokowi. Keempatnya yakni :

  1. Menteri Sosial dari Khofifah Indar Parawansa yang maju dalam Pilkada Jatim digantikan oleh Idrus Marham dari Partai Golkar
  2. Kepala Staf Presiden (KSP) Teten Masduki digantikan oleh Moeldoko dari partai Hanura
  3. Agum Gumelar diangkat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres)
  4. Yuyu Sutisna diangkat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang menjadi Paanglima TNI.

Pada reshuffle kali ini menimbulkan perhatian public dikarenakan posisi Idrus Marham merangkap jabatan. Idrus Marham selain menjabat sebagai menteri sosial juga menjabat sebagai Sekjen Partai Golkar. Jadi setalah reshuffle kabinet yang ke-3 terdapat 2 menteri yang merangkap jabatan. Selain Idrus Marham juga terdapat nama Airlangga Sutarto yang menjabat sebagai menteri perindustrian merangkap sebagai Ketum Partai Golkar.

Komposisi Kabinet kerja berdasarkan partai asalnya yakni

  1. PDIP (4 menteri, 1 sekretaris kabinet),
  2. Nasdem (2 menteri, 1 jaksa agung),
  3. PKB (3 menteri),
  4. Golkar (2 menteri),
  5. Hanura (1 menteri, 1 kepala staf kepresidenan),
  6. PPP (1 menteri),
  7. PKPI (kepala BIN), dan
  8. PAN (1 menteri).
Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *