Kelebihan dan Kelemahan Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna yaitu pasar tempat interaksi antara permintaan dan penawaran terjadi dengan jumlah yang tidak terbatas. Harga yang terbentuk merupakan harga yang benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan konsumen. Ciri-ciri pasar persaingan sempurna sebagai berikut:

  1. Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak. Oleh karena itu, produsen atau konsumen tidak bisa memengaruhi harga pasar. Harga pasar terbentuk murni hasil interaksi permintaan dan penawaran. Produsen hanya bisa menerima harga pasar.
  2. Barang yang dijual bersifat homogen. Barang yang dihasilkan benar-benar sama dalam segala hal. Tidak terdapat perbedaan yang nyata di antara barang yang dijual.
  3. Pembeli maupun penjual bebas untuk keluar masuk pasar. Selama memungkinkan masih bisa mendapat keuntungan, baik penjual maupun pembeli boleh masuk ke dalam pasar.
  4. Informasi tentang pasar diketahui dengan sempurna. Penjual dan pembeli mengetahui dengan sempurna informasi mengenai harga jual, biaya produksi, kualitas barang, dan lain-lain.
  5. Bebas dari campur tangan pemerintah. Pemerintah tidak memiliki wewenang dalam menetukan harga di pasar karena harga ditentukan oleh permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar.

Kurva Pasar Persaingan Sempurna

kurva pasar persaingan sempurnaPada pasar persaingan sempurna harga pasar cenderung stabil. Dengan demikian maka bentuk kurva pada pasar persaingan sempurna berbentuk garis lurus sejajar mendatar dengan sumbu jumlah barang. Berapapun jumlah barang yang dibeli atau ditawarkan tidak akan menaikkan atau menurunkan harga barang.

Kebaikan dari Pasar Persaingan Sempurna antara lain

  1. Pembeli sangat mengetahui harga pasar, sangat kecil terjadi kerugian.
  2. Konsumen merasa sejahtera karna bebas memasuki pasar
  3. Terdapat persaingan murni, barang bersifat homogeny
  4. Harga cenderung stabil.
  5. Mudah memilih barang yang diperjualbelikan.
  6. Barang produksi dapat diperoleh dengan ongkos rendah

Kelemahan dari Pasar Persaingan Sempurna antara lain:

  1. Hanya satu atau dua industri/pasar yang mendekati persaingan sempurna
  2. faktor eksternal yang tidak diperhitungkan dalam posisi kesejahteraan konsumen.
  3. Tidak ada barang subtitusi karena bersifat homogen.

Harga pada pasar persaingan sempurna bersifat datum, artinya produsen tidak akan memengaruhi harga dengan cara menambah atau mengurangi produksi. Oleh karena itu harga yang terbentuk di pasar merupakan batas apakah produsen sudah bekerja secara efektif dan efisien dalam menekan biaya dan berproduksi secara optimal. Produsen yang berproduksi dengan biaya diatas harga pasar akan mengalami kerugian. Adapun sebaliknya produsen yang menerapkan teknologi maju, cara kerja baru, dan dapat menekan biaya seminimal mungkin sehingga dapat memproduksi dengan harga pokok dibawah harga pasar akan mendapatkan keuntungan. Jadi pasar persaingan sempurna akan mendidik masyarakat untuk melakukan proses produksi secara efisien, sehingga produk yang sampai ke masyarkat adalah produk dengan mutu terbaik dan harga murah.

Dalam kenyataannya saat ini, pasar persaingan sempurna tidak pernah ada. Hal ini disebabkan asumsi-asumsi yang menjadi syaratnya sangat sulit untuk dipenuhi dalam kondisi saat ini. Namun, ada pasar yang mendekati pasar persaingan sempurna, di antaranya pasar ikan, pasar beras, pasar sayur-sayuran.

Sumber:

Herlan Firmansyah. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial 2 : untuk Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII /Semester 1 dan 2 /. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional,

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *