Ketua Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

Tokoh nasional yang terpilih sebagai ketua Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) adalah… .

a. Latuharhary

b. Muh Yamin

c. Kasman Singodimejo

d. Adam Malik

Pembahasan:

Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP)

Diawali dengan hasil sidang PPKI I tanggal 18 Agustus 1945 tentang pembentukan Komite Nasional Indonesia yang bertugas membantu Presiden. Kemudian dilanjutkan pada tanggal 22 Agustus 1945 dibentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dan Komite Nasional Indonesia Daerah (KNID). Badan ini merupakan cikal bekal lembaga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

KNIP mulai bertugas pada tanggal 29 Agustus 1945 dan berakhir pada tanggal 15 Februari 1950. Anggota KNIP berjumlah 135 orang. Adapun susunan kepemimpinannya yaitu:

Ketua: Kasman Singodimedjo

Wakil Ketua

  1. Sutarjo Kartohadikusumo
  2. Hohannes Latuharhary
  3. Adam Malik

PIMPINAN KNIP

Berdasarkan Maklumat Wakil Presiden no X tangga 16 Oktober 1945, KNIP sebelum adanya MPR dan DPR hasil pemilu diberikan kekuasaan legislative dan ikut menetapkan Garis garis Besar Haluan Negara (GBHN)

***

Kasman Singodimedjo

Kasman Singodimedjo awalnya merupakan guru disekolah Muhammadiyah. Kasman Singodimedjo  pernah menjadi pengurus Jong Islamieten Bond. Kasman Singodimedjo pernah dipenjara oleh pemerintah kolonial Belanda akibat  ucapannya “Untuk Indonesia Merdeka” pada rapat Muhammadiyah.

kasman singodimedjo

Pada zaman pendudukan Jepang, Kasman Singodimedjo menjadi Daidanco Pasukan Pembela Tanah Air (PETA). Kasman Singodimedjo juga terlibat pada sidang PPKI pertama yang membahasa mengenai dasar negara yang mana saat itu diperdebatkan mengenai sila pertama Piagam Jakarta. Kasman Singodimedjo dianggap sebagai tokoh yang menyakinkan Ki Bagus Hadikusumo yang merupakan Ketua Umum Muhammadiyah mengenai pergantian sila pertama dari Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat syariat Islam bagi pemeluknya” menjadi Ketuhanan Yang Maha Esa. Kasman Singodimedjo meninggal dunia pada tanggal 25 Oktober 1982.

Pada masa pemerintahan Presiden Jokowi, pada tanggal 8 November 2018, Kasman Singodimedjo ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Kunci jawaban:

Tokoh nasional yang terpilih sebagai ketua Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) adalah… .c. Mr. Kasman Singodimejo

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *