Konferensi Berakhirnya Perang Dingin

Mikhail Gorbachev dan George H.W Bush secara resmi menyatakan Perang Dingin sudah berakhir pada tanggal 3 Desember 1989 dalam sebuah konferensi yaitu Konferensi… .

a. Meja bundar

b. Teheran

c. Asia Afrika

d. Tingkat Tinggi Malta

e. Postdam

Pembahasan:

Berakhirnya Perang Dingin tidak bisa dilepaskan dari semakim memburuknya kondisi perekonomian Uni Soviet. Kemudian muncul Mikhail Gorbachev yang melakukan beberapa perubahan yang sebenarnya bertujuan untuk memperbaiki kondisi tersebut, seperti kebijakan Glasnost dan Perestroika. Akan tetapi hal tersebut malah membuat beberapa negara bagian dari Uni Soviet memisahkan diri.

Mikhail Gorbachev

Mikhail Gorbachev juga berupaya untuk mengakhiri Perang Dingin. Perang Dingin ini disebut sebagai salah satu faktor memburuknya kondisi Uni Soviet yang mengeluarkan biaya besar untuk berseteru dengan Amerika Serikat.

Puncaknya adalah dilakukan Konferensi Tingkat Tinggi Malta pada tanggal 3 Desember 1989. Pada kesempatan tersebut terjadi kesepatakan antara Mikhail Gorbachev dengan George H.W Bush (presiden Amerika Serikat). Hasil utama dari Konferensi Tingkat Tinggi Malta adalah antara Uni Soviet dengan Amerika Serikat sepakat untuk mengakhiri Perang Dingin.

************

Kunci jawaban dari pertanyaan : Mikhail Gorbachev dan George H.W Bush secara resmi menyatakan Perang Dingin sudah berakhir pada tanggal 3 Desember 1989 dalam sebuah konferensi yaitu Konferensi… .d. Tingkat Tinggi Malta

Untuk pembahasan opsi yang lain:

Konferensi Meja bundar yaitu kesapatakan antara Indonesia dengan Belanda yang dilakukan di Den Haag Belanda. Salah satu hasil utama dari Konferensi Meja Bundar adalah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia serta harus meninggalkan wilayah Indonesia, kecuali wilayah Irian Barat yang akan dibahas satu tahun kemudian

Konferensi Teheran merupakan perjananjian negara Sekutu pada Perang Dunia II. Stalin dari Uni Soviet, F.D Rosevelt dari Amerika Serikat dan Winston Churchil dari Inggris melakukan perundingan di ibu kota Iran, Teheran. Salah satunya adalah kesepatakan untuk memerangi NAZI Jerman dan Sekutunya.

Konferensi Asia Afrika (KAA) merupakan konferensi yang diselenggarakan oleh negara negara Asia dan Afrika. Indonesia menjadi salah satu pelopor terselenggaranya KAA. KAA dilaksanakan di kota Bandung tanggal 18-24 April 1955. KAA merupakan prestasi gemilang dari Kabinet Ali Sastroamijoyo I.

Konferensi Postdam merupakan perjanjain yang mengakhiri Perang Dunia II antara Jerman dengan Sekutu sebagai pemenang Perang Dunia II. Jerman wilayah dibagi menjadi 4 daerah pendudukan, adanya demiliterisasi, NAZI sebagai partai terlarang dsb merupakan hasil dari Konferensi London

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *