Konflik Berlin

Konflik Berlin merupakan bagian dari perang proksi yang dilancarkan Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Pernyataan di bawah ini yang tepat terkait dengan Konflik Berlin adalah… .

A. Amerika Serikat melakukan blokade ekonomi terhadap Berlin sebagai reaksi ditetapkannya deutsche mark sebagai mata uang baru

B. Uni Soviet mendirikan penghalang kawat berduri pada tanggal 13 Agustus 1961 yang nantinya menghasilkan tembok Berlin

C. Uni Soviet memberikan kebebasan kepada warga Jerman Timur yang ingin bermigrasi ke Jerman Barat

D. hampir 20% penduduk Jerman Barat beremigrasi ke Jerman Timur pada tahun 1961

E. Stalin enggan mencabut blokade Berlin meski mendapat kecaman dari rakyat Berlin Timur maupun dari dunia internasional

Pembahasan:
Konflik Berlin terjadi merupakan dampak dari Perjanjian Postdam.

Jerman kemudian terbentuk 2 negara yakni Republik Federal Jerman atau Jerman Barat berada dibawah pengaruh Amerika Serikat dan Republik Demokrasi Jerman atau Jerman Timur berada dibawah pengaruh Uni Soviet. Jerman menjadi ajang Perang Dingin bagi Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Kota Berlin terbelah menjadi dua Berlin Barat menjadi milik Jerman Barat dan Berlin Timur menjadi ibukota dari Jerman Timur.

Jerman Barat dengan batuan Marshall Plan kemudian menata kembali perekonomian dan proses industrialisasi. Salah satu kebijakan adalah menerapkan mata uang deutsche mark. Kebijakan tersebut kemudian ditanggapi oleh Uni Soviet dengan melakukan blokade ekonomi terhadap Berlin. Pada Mei 1949, Stalin mencaput blokade Berlin setelah melakukan kesepakatan dengan Amerika Serikat, Inggris dan Perancis.

Jerman Barat dengan ideologi liberalis-kapitalis muncul menjadi negara maju, sedangkan Jerman Timur yang menerapkan komunis menjadi negara berkembang. Oleh karena itu banyak orang Jerman Timur yang melakukan migrai ke Jerman Barat. Hampir 20% penduduk Jerman Timur pindah ke Jerman Barat.

Tanggapan dari Uni Soviet dalam masalah ini kemudian mendirikan penghalang kawat burdiri pad tanggal 13 Agustus 1961 yang kemudian menjadi tembok Berlin.

*********

Jadi: Konflik Berlin merupakan bagian dari perang proksi yang dilancarkan Amerika Serikat dengan Uni Soviet. Pernyataan di bawah ini yang tepat terkait dengan Konflik Berlin adalah… . B. Uni Soviet mendirikan penghalang kawat berduri pada tanggal 13 Agustus 1961 yang nantinya menghasilkan tembok Berlin

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *