Konsep Ekonomi

Manusia melakukan kegiatan ekonomi untuk mencukupi kebutuhan ekonomi,hal ini sesuai dengan konsep… .

A. motif ekonomi

B. prinsip ekonomi

C. politik ekonomi

D. tindakan ekonomi

Pembahasan:

  • Motif atau keinginan yang dilakukan manusia dalam usaha untuk memenuhi  kebutuhan hidupnya didorong oleh sebab atau alasan tertentu. Motif merupakan  energi positif penggerak diri seseorang untuk berusaha memenuhi  tujuan/kebutuhannya. Motif ekonomi adalah alasan yang mendorong seseorang melakukan tindakan ekonomi. Usaha manusia dalam melakukan tindakan ekonomi tersebut bermacam-macam, sehingga motif yang melatar belakanginyapun bermacam-macam.
  • Kebutuhan manusia yang tidak terbatas namun dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas, maka dalam bertindak manusia menggunakan prinsip ekonomi. Prinsip ekonomi merupakan pedoman untuk tindakan ekonomi yang terkandung di dalamnya prinsip dengan pengorbanan tertentu untuk mendapatkan hasil yang tertentu.  Prinsip ekonomi memberikan pemahaman bahwa yang diupayakan  manusia akan seimbang dengan apa yang diperolehnya.
  • Tindakan ekonomi adalah tindakan manusia yang didorong oleh usaha memenuhi kebutuhan fisik untuk mencapai kemakmuran. Suatu tindakan dikatakan sebagai tindakan ekonomi apabila tindakan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil serta dapat melakukan pilihan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan mana yang harus didahulukan dan yang sesuai dengan kemampuannya. Tindakan ini disebut dengan tindakan ekonomi rasional.
  • Politik ekonomi atau kebijakan ekonomi adalah cara-cara yang ditempuh atau tindakan-tindakan yang diambil oleh pemerintah di bidang ekonomi dalam upaya mencapai kemakmuran. Dalam penerapannya, politik ekonomi antara satu negara dan negara yang lain tidak sama, tergantung pada sistem ekonomi mereka anut. Meskipun berbeda dalam penerapan politik ekonomi, namun tujuannya sama yaitu menciptakan kemakmuran rakyat.

Jadi: Manusia melakukan kegiatan ekonomi untuk mencukupi kebutuhan ekonomi,hal ini sesuai dengan konsep… . A. motif ekonomi

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *