Laut berdasarkan kedalamannya

Laut dengan kedalaman antara 1.500 m – 1.800 m, sinar matahari sudah tidak mencapai dasar laut, jenis tumbuhan dan hewan sangat terbatas, termasuk jenis laut… .

A. neretic

B. bathyal

C. abbysal

D. litoral

Pembahasan:

Berdasarkan kedalamannya laut terdiri dari berikut ini.

  1. Zona lithoral adalah zona pasang surut air laut, yaitu zona yang akan tergenang ketika air laut pasang atau sebaliknya.
  2. Zona neritik adalah adalah zona laut dangkal yang memiliki kedalaman 0-200 meter. Wilayah ini biasanya daerah yang banyak memiliki potensi ikan.
  3. Zona batial adalah zona laut dalam yang memiliki kedalaman 200-2.000 meter.
  4. Zona abisal adalah zona laut yang memiliki kedalaman lebih dari 2.000 meter, biasanya berupa daerah dasar samudra.

Kunci jawaban:

Laut dengan kedalaman antara 1.500 m – 1.800 m, sinar matahari sudah tidak mencapai dasar laut, jenis tumbuhan dan hewan sangat terbatas, termasuk jenis laut… . C. abbysal

zona lautZona Laut Sangat Dalam (Zona Abisal). Zona laut sangat dalam atau zona abisal memiliki kedalaman lebih dari 1.000 m. Pada zona ini, tekanan air sangat tinggi dengan suhu yang sangat rendah. Di zona ini hanya sedikit jenis ikan dan hewan laut, dan tidak ditemukan tanamantanaman laut. Pada bagian laut ini binatang laut memiliki sistem tubuh yang mampu beradaptasi dengan lingkungan yang ekstrim.

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *