LUAS WILAYAH INDONESIA

peta-indonesiaBerdasar kenampakannya, wilayah Indonesia terdiri dari daratan dan lautan. Jumlah pulau di Indonesia, baik yang besar maupun yang kecil-kecil, mencapai 17.508 buah. Karena terdiri dari banyak pulau, Indonesia disebut “ Archipelago State” Luas wilayah laut Indonesia mencapai 3.257.357 km², dengan batas wilayah laut/teritorial dari garis dasar kontinen sejauh 12 mil diukur dari garis dasar. Garis dasar ditarik dari titik-titik paling luar sebuah pulau, kemudian titiktitik tadi dihubungkan sehingga menjadi sebuah garis yang bersambungan.Dengan demikian untuk menentukan batas laut teritorial, pertama-tama ditarik jarak 12 mil kearah laut bebas. Indonesia memiliki kedaulatan penuh atas laut teritorial ini. Kapal- kapal asing yang lewat laut teritorial ini harus minta izin Indonesia. Namun demi perdamaian dunia, Indonesia harus menyediakan jalur pelayaran untuk lalu lintas damai. Indonesia meratifikasi UNCLOS 1982 tersebut melalui Undang-Undang Nomor 17, tanggal 31 Desember 1985.

Sejak 16 Nopember 1994 diratifikasi menjadi hukum positif. Sebagai konsekuensinya Indonesia harus membuka tiga Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) yang memotong wilayah perairan dalam Negara Kepulauan Indonesia yaitu ALKI-I, ALKI-II, dan ALKI – III. Dalam keadaan normal ALKI digunakan pada jarak 25 mil kanan – kiri. Sebagai bentuk konkret ratifikasi itu, Indonesia telah mengeluarkan tiga peraturan pemerintah yaitu PP Nomor 36, 37, dan 38 tahun 2003 (Jawa Pos, 5 Juli 2003)

Zone Ekonomi Eksklusif (ZEE) diukur dari garis dasar sejauh 200 mil. Batas wilayah teritorial 12 mil merupakan batas hukum kedaulatan Negara Kedaulatan Republik Indonesia. Sedang garis batas 200 mil adalah batas hak untuk mengekploitasi sumberdaya alam yang terdapat di dalamnya.

Indonesia memiliki luas daratannya mencapai 1.919.443 km², luas laut 3.257.357 km². Jumlah wilayah lautan dan daratan adalah 5.176.800 km². Pulau-pulau besar di Indonesia meliputi Pulau Kalimantan, luasnya ± 4 x Pulau Jawa, Pulau Sumatera luasnya ± 3,5 x Pulau Jawa, Papua luasnya ± 3 x Pulau Jawa, dan Pulau Sulawesi luasnya ± 1,5 x Pulau Jawa.

  1. Kalimantan 539.400
  2. Sulawesi 473.606
  3. Papua 421.981
  4. Sumatera 189.216
  5. Jawa dan Madura 132.187
  6. Nusa Tenggara 88.488
  7. Maluku 74.505

Wilayah Indonesia dilihat dari bentang alamnya dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu dataran barat, dataran timur yang dangkal, dan cekungan tanah yang dalam. Adapun dilihat dari bentuk muka buminya (relief), maka wilayah Indonesia dapat diklasifikasikan menjadi tiga sebagai berikut:

  1. Relief Indonesia Barat. Daerah ini biasa dinamakan dengan Paparan Sunda yang meliputi Sumatra, Kalimantan, Jawa, Laut Cina Selatan, Selat Karimata, dan Selat Malaka. Wilayah lautannya termasuk lautan yang dangkal dibandingkan dengan wilayah lainnya.
  2. Relief Indonesia Tengah. Daerah ini biasa disebut dengan wilayah peralihan yang meliputi wilayah Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara, lautannya termasuk lautan yang dalam.
  3. Relief Indonesia Timur. Daerah ini biasa disebut dengan Paparan Sahul yang meliputi daerah Pulau Halmahera, Irian Jaya, dan Laut Arafuru. Dilihat secara fisik, wilayah ini memiliki kesamaan dengan Australia.

Sumber referensi:

I Wayan Legawa,…[et. al.]. 2008. Contextual Teaching and Learning Ilmu Pengetahuan Sosial: Sekolah Menengah  Pertama/Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Edisi 4/ Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Herlan  Firmansyah, Dani Ramdani . 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial 2 : untuk Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah Kelas VII /Semester 1 dan 2 / Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Please follow and like us:
0
No Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *