Manusia Purba Tertua di Indonesia

Manusia besar pertama di Jawa dikenal dengan sebutan ….

A. Pithecantropus Erectus

B. Pithecantropus Robustus

C. Pithecantropus mojokertensis

D. Megantropus Palaeojavanicus

E. Homo Sapien

Pembahasan:

Di Indonesia ditemukan berbagai jenis manusia purba, antara lain:

**

Pithecanthropus Erectus

Fosil manusia purba yang kali pertama ditemukan di Indonesia adalah Pithecantropus Erectus (pithecos = kera, antropus = manusia, erectus = tegak), yaitu manusia kera yang berjalan tegak. Fosil berbentuk tengkorak ini ditemukan oleh  Eugene Dubois pada 1890, di daerah Trinil, dekat Ngawi, Madiun, Jawa Timur.

**

Pithecantropus Robustus diartikan sebagai manusia kera yang kuat. Penemu dari Pithecantropus Robustus adalah Weidenreich pada lapisan Jetis atau pleistosen bawah yang memiliki usia sama dengan Pithecantropus Mojokertensis, dan lebih tua dari Pithecantropus Erectus.

**

Pada 1936,  von Koenigswald di daerah Mojokerto menemukan fosil  tengkorak anak-anak yang diperkirakan belum melewati usia 5 tahun. Diperkirakan fosil ini merupakan anak Pithecantropus Erectus. Fosil ini  dinamakan Pithecanthropus Mojokertensis.

**

Megantropus Palaeojavanicus berarti Manusia kera raksasa tertua dari Jawa. Meganthropus ditemukan di Sangiran oleh Von Koeningswald tahun 1936 dan 1941. Manusia purba tertua di Jawa ini diperkirakan hidup antara 2.500.000 sampai 1.250.000 tahun yang lalu.

**

Homo Sapiens merupakan manusia yang paling maju dan paling cerdik. Homo Sapiens, artinya manusia yang cerdas. Homo Sapiens hidup pada masa Holosen dan memiliki bentuk fisik yang yang hampir sama dengan manusia zaman sekarang.  Homo Sapiens yang terdapat di Indonesia sudah ada pada zaman Mesolithikum dan mereka sudah mengenal tempat tinggal secara menetap serta mengumpulkan makanan dan menangkap ikan. Kebudayaannya disebut kebudayaan Mesolithikum yang mendapat pengaruh dari  kebudayaan Bacson-Hoabinh dari Indo-Cina (Vietnam)

*********

Jadi; Manusia besar pertama di Jawa dikenal dengan sebutan …. D. Megantropus Palaeojavanicus

Manusia purba tertua di Indonesia adalah Meganthropus, sedangkan manusia purba pertama kali yang ditemukan di Indonesia adalah Pithecanthropus Erectus

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *