Merkantilisme dan Kameralisme

Kameralism

Negara-negara Eropa yang melaksanakan Merkantilisme antara lain

1) Spanyol

2) Portugis

3) Inggris

4) Perancis

5) Jerman

Adapun negara yang menyebut Merkantilisme dengan sebutan Kameralisme adalah… .

A. Spanyol

B. Portugis

C. Inggris

D. Perancis

E. Jerman

Pembahasan:

Paham Merkantilisme berkembang di negara-negara Barat dari abad ke-16 sampai abad ke-18. Paham ini dipelopori oleh beberapa tokoh, seperti Thomas Mun Sir James Stuart dari Inggris, Jean Baptiste Colbert dari Prancis, dan Antonio Serradari Italia. Secara umum, Merkantilisme dapat diartikan sebagai suatu kebijaksanaan politik ekonomi dari negara-negara imperialis yang bertujuan untuk mengumpulkan sebanyak-banyaknya kekayaan berupa logam mulia.

Logam mulia ini dijadikan sebagai ukuran terhadap kekayaan, kesejahteraan, dan kekuasaan bagi negara yang bersangkutan. Dengan kata lain, semakin banyak logam mulia yang dimiliki oleh suatu negara imperialis maka semakin kaya dan semakin berkuasalah negara tersebut. Mereka percaya bahwa dengan kekayaan yang melimpah maka kesejahteraan akan meningkat dan kekuasaan pun semakin mudah untuk didapatkan. Politik Merkantilisme melahirkan terbentuknya persekutuan-persekutuan dagang masyarakat Eropa, seperti EIC (kongsi perdagangan Inggris di India) dan VOC (kongsi perdagangan Belanda di Indonesia)

Friedrich_WilhelmDi Jerman dan Austria, menyebut Merkantilisme dengan sebutan Kameralisme. Aliran ini juga digunakan untuk menyebut sistem politik yang menempatkan dirinya sebagai monarki absolut. Hal yang membedakan merkantilisme yang terjadi di Jerman dan Austria dengan negara-negara Eropa lainnya adalah kenyataan bahwa di kedua negara tersebut konsolidasi politik dalam negeri berjalan bersamaan dengan kebijakan merkantilisme

Jadi;

Adapun negara yang menyebut Merkantilisme dengan sebutan Kameralisme adalah… . E. Jerman

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *