Organisasi Semi Militer Bentukan Jepang

Organisasi semi militer yang dibentuk Jepang pada tanggal 29 April 1943 yang anggotanya terdiri atas pemuda usia 23-25 adalah… .

A. seinendan (barisan pemuda)

B. keibodan (barisan pembantu polisi)

C. heiho (pembantu prajurit jepang)

D. PETA (pembela tanah air)

Pembahasan:

Masa Pendudukan Jepang di Indonesia

Seinendan dibentuk pada tanggal 9 Maret 1943. Anggotanya terdiri atas para pemuda berumur 14–22 tahun. Mereka dididik militer agar dapat mempertahankan Tanah Air dengan kekuatan sendiri. Akan tetapi, tujuan sebenarnya adalah mempersiapkan para pemuda Indonesia untuk membantu tentara Jepang  menghadapi tentara Sekutu dalam Perang Asia Pasifik.

Keanggotaan Keibodan terdiri atas pemuda berusia 23–25 tahun. Keibodan dibentuk tanggal 29 April 1943. Barisan Keibodan di Sumatra disebut Bogodan dan di Kalimantan disebut Borneo Konan Hokekudan. Mereka memperoleh pendidikan untuk membantu tugas Polisi Jepang. Organisasi Keibodan berada di bawah pengawasan Polisi Jepang secara ketat.

Sedangkan Heiho dan PETA merupakan organisasi militer yang dibentuk Jepang

Heiho dibentuk pada bulan April 1945. Anggotanya adalah pemuda yang berusia 18–25 tahun. Heiho adalah wadah yang disediakan Jepang untuk pemuda Indonesia sebagai barisan pembantu kesatuan angkatan perang dan merupakan bagian dari ketentaraan Jepang. Oleh karena itu, anggota Heiho dijadikan tentara pekerja yang melayani unit-unit ketentaraan tertentu. Walaupun hanya sebagai pembantu prajurit Jepang, Heiho dimasukkan dalam komando militer Jepang

Pembela Tanah Air (Peta) dibentuk pada tanggal 3 Oktober 1943. Pembentukan Peta merupakan permintaan bangsa Indonesia kepada Jepang atas usul R. Gatot Mangkupraja. R. Gatot Mangkupraja meminta Jepang supaya bangsa Indonesia diperkenankan membantu pemerintah militer Jepang tidak hanya di belakang garis perang, tetapi juga di medan perang. Jadi, pembentukan Peta ini berbeda dengan organisasi lain bentukan Jepang. Anggota Peta terdiri atas orang Indonesia yang mendapat pendidikan militer Jepang. Peta mempunyai tugas mempertahankan tanah air Indonesia. Tokoh Peta yang terkenal, antara lain Supriyadi, Jenderal Sudirman, Jenderal Gatot Subroto, Jenderal Ahmad Yani, dan Jenderal Suharto

Kunci jawaban:

Organisasi semi militer yang dibentuk Jepang pada tanggal 29 April 1943 yang anggotanya terdiri atas pemuda usia 23-25 adalah… . B. keibodan (barisan pembantu polisi)