Partai yang difusikan menjadi PDI

Perhatikan partai partai berikut:

1) Partai Muslimin Indonesia (Parmusi)

2) Partai Golongan Karya

3) Nahdatul Ulama

4) Partai Murba

5) Partai Katolik

6) Partai Nasional Indonesia

Partai politik diatas merupakan partai yang menjadi cikal bakal munculnya Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada masa Orde Baru ditunjukan oleh nomor… .

A. 1,2 dan 3

B. 1,3 dan 5

C. 2,4 dan 5

D. 3,4 dan 5

E. 4,5 dan 6

Pembahasan:

Pada tahun 1973, Presiden Soeharto mengambil kebijakan untuk menyederhanakan partai politik di Indonesia. Beberapa partai politik yang ikut dalam Pemilu 1971, kemudian difusikan atau digabungkan. Penggabungan partai tersebut berdasarkan kesamaan program.

Salah satu partai politik hasil fuslogo partai PDIi tersebut adalah Partai Demokrasi Indonesia (PDI). PDI berdiri pada tanggal 10 Januari 1973 yang merupakan gabungan dari beberapa partai yakni:

  • Partai Nasional Indonesia (PNI)
  • Partai Musyawarah Rakyat Banyak (Partai Murba)
  • Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI)
  • Partai Kristen Indonesia (Parkindo)
  • dan Partai Katolik

Pada tahun 1993, terjadi perpecahan internal pada PDI. PDI terbelah menjadi dua kubu yakni kubu Megawati berdasarkan Kongres luar biasa di Surabaya dan kubu Soerjadi hasil kongres PDI di Medan (1996). Kemudian Megawati mendirikan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan barhasil menjadi pemenang pada Pemilu 1999.

*********

Kunci Jawaban: Partai politik diatas merupakan partai yang menjadi cikal bakal munculnya Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada masa Orde Baru ditunjukan oleh nomor… . E. 4,5 dan 6

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *