Pembagian Kasta

Pembagian kasta dalam masyarakat Hindu tercermin dalam… .

A. stratifikasi sosial dan jabatannya

B. trah leluhur

C. hubungan kekerabatan

D. jabatan pemerintahan

E. sumber pendapatan

Pembahasan:

Kasta dalam Agama HinduKasta adalah tingkatan atau stratifikasi sosial yang digunakan dalam budaya masyarakat Hindu dimasa silam untuk mengelompokan masyarakat berdasarkan kelas sosialnya. Orang Arya menciptakan kasta agar menjaga agar tidak bercampur dengan bangsa Dravida sehingga rasnya tetap murni. Sistem kasta terbagi menjadi:

  1. Brahmana, perlambang mulut, yakni golongan pendeta. Mereka dihormati sebagai penasihat raja.
  2. Ksatria, perlambang tangan, yakni golongan ningrat atau bangsawan dan prajurit. Golongan ini menjalankan pemerintahan.
  3. Waisya, perlambang paha, yakni golongan pengusaha, pedagang, dan petani.
  4. Sudra, perlambang kaki, terdiri atas orang-orang Dravida dalam masyarakat.

Setiap golongan wajib menempati kastanya masing-masing dan dilarang mengadakan perkawinan antarkasta. Jika ini terjadi, seseorang akan dikeluarkan dari kastanya dan dimasukkan ke dalam kasta yang lebih rendah.

Selain kasta-kasta tersebut, masih ada golongan yang dianggap lebih rendah lagi, yaitu paria atau candala. Golongan ini ditempatkan sebagai hamba sahaya

Sistem pembagian kasta di Indonesia tidak seperti yang ada di India, akan tetapi merupakan sistem pengelompokan masyarakat melalui tingkatantingkatan kehidupan masyarakat dan berlaku turun temurun. Hal ini untuk menunjukkan status sosial dalam masyarakat Indonesia. Sementara itu, di India perbedaan sistem kasta sangat mendasar sebab untuk membedakan status sosial antara golongan Arya dan Dravida.

*********

Jadi: Pembagian kasta dalam masyarakat Hindu tercermin dalam… . A. stratifikasi sosial dan jabatannya

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *