Pembagian Waktu di Indonesia

Pembagian Zona Waktu Di IndonesiaPosisi dan letak garis bujur Kepulauan Indonesia yang membentang dari 950 BT–1410 BT berpengaruh terhadap pembagian wilayah waktu di Indonesia. Indonesia terdiri atas tiga pembagian wilayah waktu, yaitu Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Bagian Timur. Adapun pembagian wilayahnya sebagai berikut.

  1. Waktu Indonesia Barat (WIB) meliputi wilayah Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Perbedaan waktu antara waktu Indonesia Bagian Barat dengan Greenwich Mean Time(GMT) adalah 7 jam. GMT digunakan sebagai patokan waktu dan meridian 00
  2. Waktu Indonesia Tengah (WITA) meliputi wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, NTT, NTB,Sulawesi, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Perbedaan waktu antara WITA dan GMT adalah 8 jam.
  3. Waktu Indonesia Timur (WIT) meliputi Kepulauan Maluku, Papua, dan pulau-pulau di sekitarnya. Perbedaan waktu antara Wilayah Indonesia Timur dan GMT adalah 9 jam.

Sumber

Nurhadi…[et al]. 2009. Jelajah Cakrawala Sosial 1 : Ilmu Pengetahuan Sosial; Untuk Kelas VIII  Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah / Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional,

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *