Pemberontakan Melibatkan PKI

PKI menjadi salah satu partai yang kontroversial di Indonesia. Kontroversi yang terkait dengan PKI muncul setelah terjadinya serangkaian pemberontakan yang didalangi oleh pertai tersebut. Pemberontakan PKI yang pertama dilakukan di daerah… .

A. Yogyakarta

B. Banten

C. Madiun

D. Jakarta

E. Pekalongan

Pembahasan:

Pada awalnya PKI bernama Indies Social Democratic Association (ISDV) yang didirikan oleh Henk Sneevliet sekitar tahun 1914. Pada tahun 1920, ISDV diganti menjadi Perserikatan Komunis di Hindia yang diketuai oleh Semaun dan Darsono sebagai wakilnya. Pada tahun 1924, nama partai kembali dirubah menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI).

Dalam sejarah bangsa Indonesia, terdapat beberapa pemberontakan yang didalangi oleh PKI antara lain:

Pemberontakan 1926-1927

Pemberontakan ini dilakukan oleh PKI terhadap pemerintah Kolonial Belanda. Pemberontakan PKI 1926 di daerah Jawa Barat dan Sumatera Barat. Salah satu wilayah yang terjadi pemberontakan adalah Lebak (Banten). Target dalam pemberontakan ini adalah kaum priyayi. Akan tetapi pemberontakan ini gagal. Anggota PKI yang tertangkap kemudian dibua di Boven Digul, Papua.

Pemberontakan PKI Madiun 1948.

Pemberontakan PKI Madiun atau Madiun Affairs. Salah satu penyebab dari pemberontakan PKI Madiun adalah kekecewaan terhadap Perjanjian Renville. Tokoh dari Pemberontakan PKI Madiun adalah Amir Syarifudin dan Musso. Para pemberontak melakukan kekacauan di Surakarta. Pemberontakan PKI Madiun memakan korban tokoh penting seperti Gubernur Provinsi Jawa Timur pertama RM. Ario Suryo dan dr Moewardi tokoh pemuda di Surakarta. Pemerintah kemudian melakukan operasi militer yang dipimpin oleh Gatot Subroto dan Kol Sungkono. (untuk lebih lengkapnya klik DI SINI)

Peristiwa G 30 September

Yakni peristiwa dimana terjadi penculikan enam jenderal angkatan darat yang kemudian dimasukkan dalam sumur lubang buaya Jakarta. G 30 S/PKI atau Gestok terjadi pada masa Demokrasi Terpimpin. Peristiwa G 30 S/PKI membawa dampak yang luar biasa bagi perkembangan sejarah Indonesia. Adanya peristiwa ini kemudian membuat posisi presiden Soekarno melemah dan pada akhirnya digantikan oleh Soeharto selaku pengemban Supersemar.

*********

Jadi: PKI menjadi salah satu partai yang kontroversial di Indonesia. Kontroversi yang terkait dengan PKI muncul setelah terjadinya serangkaian pemberontakan yang didalangi oleh pertai tersebut. Pemberontakan PKI yang pertama dilakukan di daerah… . B. Banten

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *