Pendidikan Pada Masa Yunani Kuno

yunani kunoDi yunani terdapat 2 pusat kebudayaan yaitu Sparta dan Athena. Penduduk Sparta disebut bangsa Dori, penduduk Athena bangsa Ionia. Kedua Negara itu merupakan negar polis atau Negara kota. Lycurgius membuat Undang-undang untuk Sparta, sedangkan pebuat undang-undang pertama di Athena ialah Solon. Kedua Negara itu terdapat perbedaan-pebedaan dalam dasar, tujuan, dan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. 

Sparta

Sparta memiliki 2 asas dasar pendidikan yaitu tujuan pendidikan membentuk militer pembela Negara dan warga Negara, anak adalah milik Negara. Pendidikan diselenggarakan oleh Negara, keluarga tidak mempunyai kekuasaan terhadap anak, orang tua hanya berhak atas anaknya sampai umur 7 tahun. Yang diutamakan pendidikan militer dan jasmani, anak-akan dibiasakan menahan lapar, tidur diatas rumput serta menahan dingin, anak yang lemah atau cacat dibunuh, sesudah umur 30 tahun mereka boleh kawin tetapi tetap menjadi tentara dan tinggal di tangsi…..

Athena

Tujuan pendidikannya adalah untuk membentuk warga Negara yang harmonis dengan jalan pembentukan jasmani dan rohani yang selaras. Negara hanya mengawasi, yang berhak mendidik adalah keluarga dan sekolah. Mata pelajaran terbagi atas gymnastic dan muris. Gymnastic merupakan pembentukan jasmani dan muris merupakan penbentukan rohani. Pendidikan jasmani meliputi latihan-latihan utama ialah Pancalomba sedangkan pendidikan muris meliputi membaca, menulis, berhitung, nyanyian, dan musik.

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *