Peninggalan peradaban Yunani dan Romawi kuno

Peninggalan peradaban Yunani dan Romawi kuno sebagai berikut, kecualiā€¦.

A. Bangunan kuil kuil peradaban

B. Tulisan minor

C. Alat-alat yang terbuat dari tanah liat

D. Bangunan taman bergantung

E. Teknik pengecoran dan penempan besi

Pembahasan Soal

Yunani dan Romawi Kuno merupakan salah satu peradaban tertua di dunia.

Yunani Kuno

Lahirnya tradisi intelektual dari bangsa Yunani disebabkan oleh:

  1. Factor geografis dari Yunani yang bergunung-gunung. Hal ini memacu para penduduknya untuk berpikir dan berkreasi agar mampu bertahan hidup
  2. Orang Yunani membangun hubungan dengan bangsa-bangsa lain seperti Mesir, Babylonia, dan lainnya sehingga terjadi tukar menukar pengetahuan
  3. Bangsa Yunani menghargai logika dan cara berpikir rasional
  4. Penduduk Yunani memiliki hak otonomi kemerdekaan dan kemakmuran di bidang ekonomi, sehingga mereka lebih berkonsentrasi untuk menumbuhkembangkan pengetahuan.

Peninggalan Kebudayaan Yunani antara lain:

Dalam bidang Seni Sastra

Karya sastra yang terkenal dari Yunani kuno adalah dua buku cerita kepahlawanan, yaitu Illias dan Odysseia karya Homeros (abad ke-8 SM). Buku Illias menceritakn peperangan antara Yunani melawan Troya. Buku Odysseia mengisahkan perjalanan kembali tentara Yunani dari Perang Troya. Odysseus adalah pencipta Kuda Troya. Kisah perjalanan kembali tersebut merupakan kisah empat puluh hari dari sepuluh tahun peperangan Yunani melawan Troya. Karena terlalu lama ditinggal oleh Oddysseus, maka istrinya yang bernama Penelopeia dilamar oleh banyak lelaki. Sedangkan putra nya yang bernama Telemakhos telah menjadi dewasa dan berusaha mencari ayahnya

Dalam bidang Seni Bangunan dan Seni Pahat

  1. Kuil Parthenon
  2. Kuil Erechteum
  3. Kuil Zeus
  4. Gedung teater

Dalam bidang filsafat

Pada masa Yunani Kuno muncul filsuf besar antara lain:

  1. Socrates (469-399 SM). Socrates mengajarkan agar manusia dapat membedakan apa yang baik dan apa yang buruk. Ajarannya ditujukan kepada anak muda dengan cara berdiskusi.
  2. Plato (427-347 SM). Ajaran filsafat Plato disebut sebagai filsafat idea. Plato menulis banyak buku, diantaranya adalah berjudul Republica. Dalam buku Republica diuraikan tentang kebahagiaan hidup yang dapat dicapai bila manusia bekerja dengan wataknya dan wanita diangkat derajadnya. Plato juga mendirikan pusat pendidikan bernama Academus.
  3. Aristoteles (384-322 SM). Aristoteles merupakan murid dari Plato. Aristoteles berpendapat bahwa sistem pemerintahan yang baik adalah republic. Pemerintahan yang baik mengutamakan kebahagiaan sebesar-besarnya untuk seluruh rakyat.

Dalam bidang Ilmu pengetahuan dan teknologi antara lain:

  1. Menciptakan perahu layar
  2. Membuat barang dari tanah liat
  3. Menghasilkan karya arsitektur yang megah seperti Kuil Zeus
  4. Memiliki kemampuan dalam mengolah logam menjadi perlengkapan perang
  5. Muncul banyak ilmuwan seperti Pythagoras, Hipokrates, Archimides, Herodotus dan lain sebagainya

taman bergantungKunci Jawaban: dari opsi pilihan dari pertanyaan Peninggalan peradaban Yunani dan Romawi kuno sebagai berikut, kecuali adalah D (Bangunan Taman Bergantung). Taman Bergantung bukan merupakan peninggalan dari Yunani Kuno melainkan peninggalan dari peradaban Mesopotamia.

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *