Penyebaran Islam ke Indonesia

Islam masuk ke Indonesia pada awalnya di daerah pantai atau pesisir sehingga masyarakat mudah menerima masuknya agama dan budaya Islam. Hal ini menyebabkan Islam dapat berkembang dengan pesat di Indonesia melaluiā€¦ .

A. peperangan

B. penaklukan

C. perkawinan

D. perdagangan

E. pendudukan

Pembahasan:

Penyebaran Islam ke IndonesiaSecara historis, persebaran Islam di Indonesia tidak terlepas dari peranan lautan yang ada di Asia Tenggara terutama di daerah Selat Malaka yang menjadi perbatasan Indonesia dengan Malaysia. Sejak abad pertama, Selat Malaka sudah ramai sebagai jalur lalu lintas perdagangan internasional dari berbagai negara yang ada di kawasan Asia seperti Asia Timur Jauh, Asia Tenggara, dan Asia Barat. Karena letaknya yang strategis, bandarbandar pelabuhan yang ada di Malaka banyak dijadikan sebagai tempat persinggahan para pedagang dari berbagai negara tersebut.

Menurut para ahli sejarah, masuknya Islam ke Indonesia bersamaan dengan proses berkembangnya perdagangan yang ada di kawasan Asia Tenggara. Proses masuknya Islam ini dilakukan oleh para pedagang yang berasal dari berbagai daerah seperti Arab, Persia, Oman, Kairo, Armenia, Gujarat serta para pedagang dari Timur seperti Siam, Pahang, Patani, Kamboja, Campa, Cina, dan juga melibatkan para pedagang dari kawasan Nusantara yang saling berinteraksi dengan para pedagang yang berasal dari berbagai negara tersebut.

Jadi:

Islam masuk ke Indonesia pada awalnya di daerah pantai atau pesisir sehingga masyarakat mudah menerima masuknya agama dan budaya Islam. Hal ini menyebabkan islam dapat berkembang dengan pesat di Indonesia melaluiā€¦ . D. perdagangan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *