Peranan Bung Tomo

Bung Tomo adalah seorang agitator yang ulung, memiliki peranan besar dalam peristiwa  10 Nopember 1945, peranannya adalah membakar semangat rakyat Surabaya dalam  hal….

 A. upaya mencapai kemerdekaan

 B. mengusir masuknya faham liberal

 C. mempertahankan kemerdekaan RI

 D. memperbaiki kehidupan rakyat

 E. memperjuangkan Hotel Yamato

Pembahasan:

Tokoh Sutomo (Bung Tomo) sangat melekat dengan peristiwa pertempuran 10 November 1945, yakni pertempuran antara arek arek Surabaya melawan Sekutu (Inggris). Pertempuran dalam rangka memeprtahankan kemerdekaan tersebut berlangsung sangat dahsyat. Setiap tanggal 10 November sekarang diperingati sebagai hari pahlawan.

Peranan Bung Tomo dalam pertempuran 10 November yakni adalah membakar semangat rakyat Surabaya untuk gigih berjuang mempertahankan kemerdekaan. Bung Tomo mengajak seluruh masyarakat Surabaya untuk berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan terkenal dengan slogan “Merdeka atau Mati”. Bung Tomo membakar semangat rakyat Surabaya melalui pidato di radio.

Setelah pengakuan kedaulatan, berbagai posisi penting pernah dijabat oleh Bung Tomo antara lain:

  • Menteri Negara Urusan Bekas Pejuang Bersenjata/ Veterean sekaligus Menteri Sosial Ad Interin pada masa Kabinet Burhanuddin Harahap.
  • Menjadi anggota DPR (1956-1959) yang mewakili Partai Rakyat Indonesia.

Pada masa Orde Baru, akibat kritiknya, Bung Tomo dipenjara, namun kemudian dibebaskan.

Bung Tomo meninggal dunia pada tanggal 7 Oktober 1981 di Padang Arafah, ketika sedang menunaikan ibadah haji.

Bung Tomo ditetapkan sebagai pahlawan nasional pada tanggal 10 November 2008.

Kunci jawaban:

Bung Tomo adalah seorang agitator yang ulung, memiliki peranan besar dalam peristiwa  10 Nopember 1945, peranannya adalah membakar semangat rakyat Surabaya dalam  hal…. C. mempertahankan kemerdekaan RI