Perjalanan Brasil menjadi Juara Copa Amerika 2019

Copa Amerika 2019 diselenggarakan di Brasil. Pada partai puncak mempertemukan Brasil dengan timnas Peru yang tampil mengejutkan. Peru???

Mungkin banyak orang yang bertanya negara mana itu Peru?

Bagi para penggemar sepakbola, nama Peru mungkin sangatlah asing.

Kalau bagi orang orang yang kuliah jurusan sejarah, nama Peru sudah tidak asing lagi. Di Peru terdapat salah satu peradaban tua dunia yakni kebudayaan suku Inca. Suku Inca dikenal dengan ritual menyembah Matahari. Suku Inca juga meninggalkan benteng pertahanan dipegunungan yang terkenal dengan nama Machu Picchu.

Machu Picchu

Kembali ketopik sepak bola.

Penampilan timnas Peru diajang Copa Amerika 2019 terbilang sangat mengejutkan. Para penggemar sepakbola mesti mengingikan yang tampil di partai final negara sekelas Brasil, Argentina, Uruguay, Cile, Kolumbia, atau Paraguay. Mesti tidak tersebit pada dibayangan penggemar sepakbola, Peru yang akan melaju dibabak final.

Pada babak grup, Peru bergabung di grup A bersama Brasil, Venezuela, dan Bolivia.

Hasil pertandingan:

Peru vs Venezuela (0-0)

Peru vs Bolivia (3-1)

Peru vs Brasil (0-5)

skuad peru

Akhir klasemen, Peru menduduki peringkat ke-3 dibawah Brasil dan Venezuela. Peru berhasil maju kebabak selanjutnya untuk mengisi slot urutan peringkat ke-3 terbaik.

Pada babak perempatfinal Peru berhasil mengalahkan salah satu kandidat juara, Uruguay melalui babak ada penalty setelah pertandingan berakhir dengan skor 0-0. Pada babak adu penalty , Peru unggul atas Uruguay (5-4). Pada babak semifinal, Peru bertemu dengan Cile, juara bertahan Copa Amerika dalam 2 edisi terakhir. Diluar dugaan, Peru berhasil menaklukan Cile dengan skor 3-0. Cile yang diperkuat oleh beberapa pemain yang merumput di liga top Eropa seperti Alexis Sanches dari MU dan Arturo Vidal yang bermain untuk Barcelona, gagal untuk mempertahankan gelarnya. Dalam pertandingan tersebut, Peru lebih banyak tertekan akan tetapi sangat maksimal dalam memanfaatkan peluang. Akhrnya Peru yang melaju partai final Copa Amerika 2019.

Kalau Brasil???

Tidak usah lagi ditanyakan mengenai keperkasaan timnas Brasil. Skuad mereka benar benar sangat hebat bertabur pemain bintang yang merumput di liga top Eropa. Kedalaman skuat mereka juga yang paling bagus dibandingkan dengan kontestan lain. Selain itu mereka juga menjadi tuan rumah Copa Amerika 2019, jadi wajarlah kalau mereka Brasil mencapai partai puncak.

Lihat kedalaman skuad Brazil

Pada posisi penjaga gawang terdapat nama Alisson Beker yang baru saja menjadi juara Liga Champions 2018-2019 bersama Liverpool. Kalau Alisson tidak bermain???

allisonDibangku cadangan masih ada Ederson Moraes? Siapa yang tidak kenal Ederson, mesti dia hanyalah penggemar sepak bola abal abal. Ederson adalah penjaga gawang dari Manchester City yang pada musim 2018-2019 berhasil meraih treable winner untuk kompetisi domestik. Coba bayangkan saja bagaimana memiliki dua penjaga gawang kelas dunia hal yang menjadi salah satu kendala untuk timnas Argentina.

Brasil diisi oleh berbagai bintang yang bermain di liga top Eropa, antara lain:

Thiago Silva (PSG)

Casemiro (Real Madrid)

Filipe Luis (Atletico Madrid)

David Neres (Ajax Amsterdam)

Gabriel Jesus (Manchester City)

Willian (Chelsea)

Philipe Coutinho (Barcelona)

Alex Sandro (Juventus)

Roberto Firmino (Liverpool)

Fernandinho (Manchester City)

skuad brasil

Begitu mewahnya skuad Brasil.

Brasil tergabung dalam Grup A bersama Venezuela, Bolivia dan Peru. Hanya Venezuela yang berhasil menyulitkan Brasil dengan menahan imbang (0-0). Sedangkan melawan Bolovia (3-0) dan Peru (5-0).

Pada babak perempat final, Brasil bertemu dengan Paraguay. Melihat statistic pertandingan seharusnya Brasil bisa menang melawan Paraguay. Brasil melakukan tendangan 26x sedangkan Paraguay hanya 5x. Untuk penguasaan bola Brasil unggul jauh yakni 71% berbanding 29% Paraguay. Akan tetapi para pemain Brasil gagal menceploskan bola ke gawang Paraguay sehingga pertandingan harus dilanjutkan kebabak adu penalty. Skor akhir Brasil 4-3 Paraguay, sehingga Brasil lolos kebabak selanjutnya.

Pada babak semifinal, Brasil bertemu dengan salah satu kandidat juara dan juga musuh bebuyutan mereka,  yakni Argentina. Argentina juga memiliki pemain top dunia seperti Messi, Aguero dan Dybala. Akan tetapi skuad dari Argentina tidak merata seperti Brasil. Nama nama tenar Argentina di liga top Eropa sebagian besar berposisi pada penyerang. Nama penjaga gawang, pemain bertahan yang top dari Argentina sangat sedikit sekali.

Pada akhir pertandingan, gol dari Gabriel Jesus dan Roberto Firmino berhasil menghantarkan Brasil kebabak final dan memupus harapan Messi untuk bisa mengantarkan timnas Argentina menjuarai piala bergengsi.

Pada partai final, Brasil dihadapkan dengan lawan yang mereka bantai pada babak grup yakni Peru. Jelas sudah diketahuilah pemenang dari pertandingan tersebut Brasil 3 gol yang hanya bisa dibalas 1 gol oleh Peru. Untuk peringkat ke-3 Copa Amerika 2019 berhasil diraih oleh Argentina yang berhasil mengalahkan Cile dengan skor 2-1.

brasil juara copa amerika 2019

Adapun perhargaan individual antara lain:

penghargaan copa amerika

Pencetak gol terbanyak : Everton dari Brasil dengan mencetak 3 gol (sama dengan pemain Peru, Paolo Guerero akan tetapi menit bermain lebih sedikit)

Penjaga gawang terbaik : Allison penjaga gawang Brasil yang hanya kebobolan 1 gol saja

Pemain terbaik : Dani Alves kapten dari timnas Brasil

Tim fair play : Brasil

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *