Perjuangan Silas Papare

Silas Papare membentuk Badan Perjuangan Irian yang berusaha keras untuk memasukkan wilayah Irian Barat ke dalam negara Indonesia di… .

A. Surabaya

B. Yogyakarta

C. Jakarta

D. Jayapura

E. Bandung

Pembahasan:

Silah Papare merupakan salah satu tokoh dari Papua yang menentang colonial Belanda. Akibat dari kegiatannya dalam menentang Belanda, akhirnya Silah Papare ditahan oleh pemerintah. Pada saat diasingkan di Serui, Silas Papare bertemu dengan Sam Ratulangi yang merupakan gubernur Sulawesi. Pertemuan dan perkenalan tersebut membuat keyakinan Silas Papare bertambah untuk bergabung dengan Indonesia.

silas papare

Silas Papare

Silas Papare mendirikan Partai Kemerdekaan Indonesia (PKII). Oleh pemerintahn Belanda kemudian hendak ditangkap, akan tetapi Silas Papare berhasil mololoskan diri ke Yogyakarta.

Di Yogyakarta, pada tahun 1949 Silas Papare mendirikan Badan Perjuangan Irian. Badan Perjuangan Irian diibentuk dengan tujuan membantu pemerintah Indonesia yang berupaya memasukkan wilayah Irian Barat ke Indonesia. Silas Papare menjadi salah satu delegasi Indonesia dalam Perjanjina New York. Berdasarkan Perjanjian New York, Belanda kemudian angkat kaki dari Papua

*********

Kunci Jawaban: Silas Papare membentuk Badan Perjuangan Irian yang berusaha keras untuk memasukkan wilayah Irian Barat ke dalam negara Indonesia di… . B. Yogyakarta

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *