Raja Kerajaan Sriwijaya

Salah seorang raja yang berkuasa di Kerajaan Sriwijaya yang berasal dari keturunan raja Syailendera (Jawa Tengah) adalah… .

a. Samaratungga

b. Dapunta Hyang

c. Balaputradewa

d. Sanggrama Wijayatunggawarman

e. Rakai Pikatan

(SBMP Sejarah tahun 2003)

Kerajaan Sriwijaya adalah salah satu kerajaan yang bercorak Budha di Indonesia. Kerajaan Sriwijaya mendapatkan sebutan negara nusantara pertama hal ini dikarenakan wilayahnya yang luas. enurut para ahli, pusat Kerajaan Sriwijaya ada di Palembang dan diperkirakan telah berdiri pada abad ke-7 M. Pendiri dari Kerajaan Sriwijaya adalah Dapunta Hyang atau Sri Jayanasa.

Raja terbesar dari Kerajaan Sriwijaya adalah Balaputradewa. Selain wilayah yang luas, Sriwijaya juga menjadi tempat pendidikan agama Budha. Kerajaan Sriwijaya juga menjalin hubungan dengan kerajaan yang ada di India. Hal ini dinyatakan dalam prasasti Nalanda di India, yang menguraikan permintaan Raja Balaputradewa dari Sriwijaya kepada Raja Dewapaladewa dari Benggala untuk mendirikan wihara di Nalanda pada tahun 860. Disebutkan juga dalam prasasti itu, bahwa Balaputradewa adalah putra Samaragrawira, yaitu raja Jawa dari Dinasti Syailendra.

Sumber lain tentang asal usul raja Balaputradewa terdapat dalam Prasasti Ligor B, yang isinya:

Pujian bagi raja yang berhasil menaklukkan musuh-musuhnya dan merupakan wujud kembar dewa kasta yang dengan kekuatannya disebut (sebagai dewa) Wisnu, kedua mematahkan keangkuhan semua musuhnya (Sarwarimadawimthana). Ia adalah keturunan dari (keluarga Syailendra) yang tersohor disebut Srimaharaja.”

Kunci jawaban: Salah seorang raja yang berkuasa di Kerajaan Sriwijaya yang berasal dari keturunan raja Syailendera (Jawa Tengah) adalah… . c. Balaputradewa

No Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *