Runtuhnya Uni Soviet

uni sovietMunculnya Uni Soviet berawal dari revolusi 25 Oktober 1917 yang dilancarkan kaum Bolshevic (Partai Komunis) di bawah pimpinan Vlademir Lenin(1922-1924) terhadap pemerintahan Kaisar Tsaar Nicolas II. Pada tanggal 30 Desember 1922 terbentuklah Republik Sosialis Uni Soviet atau Union of Soviet Sosialis Republik (USSR) yang terdiri atas Rusia, Belarusia, Ukraina, Armenia, dan Azerbaijan. Beberapa kebijakan Lenin,

  1. Politik Komitern, yaitu mengembangkan komunis internasional
  2. Politik Air Hangat, yaitu politik mencari daerah untuk pelabuhan yang terbebas dari musim dingin (salju)
  3. Politik Pan Slavisme, yaitu gerakan politik mempersatukan bangsa-bangsa Slav yang mendiami wilayah Asia Tengah, dibawah satu kekuasaan yaitu Rusia.

Kebijakan Lenin dilanjutkan oleh para pemimpin lainnya seperti Joseph Stalin(1924-1953), Malenkov(1953-1957), Nikita Kruzchev(1957-1964), Lionid Breshnev(1964-1982), Yuri Androvov(1982-1984), dan Konstantin Chernenko(1984-1985). Uni soviet menerapkan politik isolasi (tertutup) terhadap segala bentuk yang bernuansa demokrasi, liberalisme dan kapitalisme. Winston Churcill (perdana Menteri Inggris) memberikan julukan kepada Uni Soviet yaitu “Negara Tirai Besi”.

Perubahan Uni Soviet terjadi pada masa presiden Mikhail Gorbachev. Gorbachev menyadari bahwa Uni Soviet, secara ekonomi-sosial sudah tertinggal jauh dari Negara-negara maju. Tampilnya Gorbachev dihadapkan pada berbagai masalah diantaranya menurunnya produktivitas, anjloknya GNP, birkorasi yang berbelit. Masalah luar negeri juga turut mewarnai pemerintahan Gorbachev antara lain masalah Afghanistan, Kamboja, dan Afrika.

Latar belakang tersebut membuat Gorbechev menggulirkan gagasan reformasi yang meliputi:

  1. Glasnost (keterbukaan), membuka dialog baik tentang masalah politik, ekonomi maupun sosial. Glasnost membuka adanya kebebasan berpendapat diberbagai aspek kehidupan.
  2. Parestroika (restrukturisasi), pembaharuan struktur ekonomi, politik, dan sosial-budaya. Restrukturisasi dibidang ekonomi dari system ekonomi sentralisasi-sosialisme-komunisme menjadi system ekonomi desentralisasi-sosialisme-demokrasi.
  3. Democratyzatsia, yakni desentralisasi politik dalam bentuk pemberian wewenang penuh kepada Negara-negara bagian untuk mengurus wilayahnya sendiri dalam naungan Uni Soviet
  4. Zokonost, yakni proses peradilan atau penegakkan hukum secara adil, bebas dan terbuka.

Kebijakan ini memberikan dampak yang tidak terduga sebelumnya yaitu pertentangan sosial di dalam masyarakat muncul. Kelompok yang bersengketa antara lain sebagai berikut.

  1. Kelompok Moderat, yaitu kelompok yang menyetujui reformasi tetapi menjalankan komunisme yang disempurnakan.
  2. Kelompok Konservatif, yaitu kelompok yang menentang reformasi dan ingin mempertahankan komunisme.
  3. Kelompok Radikal, yaitu kelompok yang mendukung reformasi tetapi ingin meninggalkan komunisme.

Gagasan reformasi dari Gorbachev menimbulkan pro dan kontra. Pihak kontra pada akhirnya melakukan kudeta 19 Agustus 1991. Tokoh kudeta antara lain Genadi Tenayev (wakil presiden), Dimitri Yazow (menteri pertahanan), Boris Pugo (Menteri dalam negeri), dan Vladimir Kruzchov (kepala KGB). Kudeta berhasil digagalkan oleh kaum militer yang dipimpin oleh Boris Yeltsin. Pasca kudeta, pamor Mikhail Gorbachev semakin memudar, sebaliknya Boris Yeltsin semakin bersinar. Maka terjadilah diintegrasi Uni Soviet. Pada akhirnya Uni Soviet pecah menajadi beberapa Negara yaitu

  1. Kazakhtan
  2. Kirgistan
  3. Armenia
  4. Azerbaijan
  5. Ukraina
  6. Uzbeskistan
  7. Estonia
  8. Rusia
  9. Georgia
  10. Lithuania
  11. Tajikhistan
  12. Latvia
  13. Turkmenistan
  14. Moldova

Negara-negara bekas Uni Soviet kemudian membentuk persemakmuran yang bernama Commonwealth of Independent State (CIS) pada tanggal 7 Desember 1991. Gagasan dari Mikhail Gorbachev beperngaruh besar terhadap perkembangan dunia antara lain berakhirnya peran dingin antara Blok Barat dengan Blok Timur, tumbangnya Negara-negara komunis seperti Polandia, Cekoslovakia, Hongaria, dan bersatunya Jerman.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *