Sebab-sebab runtuhnya Uni Soviet

leninNegara Uni Soviet muncul setelah terjadinya Revolusi Bolsyewik atau Revolusi Oktober 1917 yang dipimpin oleh Vlademir Lenin berhasil menggulingkan pemerintahan Tsar Nicolas II. Pada tanggal 30 Desember 1922, Lenin membentuk Uni Soviet yang meliputi banyak negara bagian. Pasca Perang Dunia II, Uni Soviet muncul sebagai negara super power yang menganut ideologi komunis, ekonomi etatisme dan sistem pemerintahan diktator proletariat dengan sistem mono partai, bersaing dengan Amerika Serikat dalam merebutkan pengaruh dunia yang dikenal dengan istilah Perang Dingin.

Menjelang akhir tahun 80an, Uni Soviet mengalami gejolak hal ini dikarenakan ekonomi Uni Soviet yang semakin memburuk. Terpilihnya Mikhail Gorbachev pada tanggal 25 Mei 1989 sebagai presiden Uni Soviet tidak mampu memperbaiki kondisi Uni Soviet. Program Glasnost, Perestroika dan Demokratizatzie mengalami kegagalan, terbukti:

  1. Situasi ekonomi menjadi lebih buruk
  2. Kondisi politik tidak stabil
  3. Terjadinya konflik antar etnis dan gerakan separatisme

mikhail gorbachevSituasi yang demikian mengakibatkan terjadinya pemberontakan yang dipimpin oleh Gennady Yannayev pada tanggal 19 Agustus 1991. Kudeta ini mengalami kegagalan dikarenakan ditentang oleh Boris Yeltsin (Presiden Rusia). Pada tanggal 8 Desember 1991, Presiden Boris Yeltsin, Presiden Ukraina Leonid Kravchuk dan Presiden Belarusia, Stanislav Shuskevich membentuk Commonwealth of Independent States (CIS) atau persemakmuran negara negara merdeka sebagai wadah untuk mempersatukan bekas Uni Soviet.

Secara garis besar runtuhnya Uni Soviet disebabkan oleh:

  1. Sistem komunis yang cenderung sentralis, ternyata tidak mampu membawa kemakmuran bagi rakyatnya
  2. Sistem pemerintahan diktator Ploretariat yang dikuasai oleh kelompok kelompok tertenu mengakibatkan lahirnya gerakan pro demokrasi
  3. Pembentukan uni yang dilakukan secara paksa mengakibatkan timbulnya gerakan nasionalisme di negara-negara bagian
  4. Keadaan ekonomi yang semakin memburuk mengakibatkan dominasi militer yang dulunya sangat kuat menjadi berkurang akibat kekurangan dana yang tersedia
Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *