Soal, kunci jawaban dan pembahasan Sejarah SBMPTN 2014

Sambungan soal……….

Untuk No 1-7 bisa klik di SINI

8. Negarakertagama merupakan karya Empu Prapanca yang menggambarkan kebesaran dan kejayaan Majapahit yang ditulis atas perintah Raja Hayam Wuruk.

SEBAB

Negarakertagama adalah kakawin yang bercorak pujasastra. artinya karya sastra yang ditujukan untuk menyanjung dan mengagungkan kebesaran raja.

Jawab: D

Penjelasan : Kakawin ini bersifat pujasastra, artinya karya sastra menyanjung dan mengagung-agungkan Raja Majapahit Hayam Wuruk, serta kewibawaan kerajaan Majapahit. Akan tetapi karya ini bukanlah disusun atas perintah Hayam Wuruk sendiri dengan tujuan untuk politik pencitraan diri ataupun legitimasi kekuasaan. Melainkan murni kehendak sang pujangga Mpu Prapanca yang ingin menghaturkan bhakti kepada sang mahkota, serta berharap agar sang Raja ingat sang pujangga yang dulu pernah berbakti di keraton Majapahit. Artinya naskah ini disusun setelah Prapanca pensiun dan mengundurkan diri dari istana.

9. Organisasi perempuan yang bergerak dalam bidang politik pertama kali adalah Isteri Sedar yang dipimpin oleh Suwami Joyoseputro.

SEBAB

Organisasi ini adalah perkumpulan isteri-isteri yang memberikan dukungan bagi organisasi kemerdekaan Indonesia. 

Jawab : A

Penjelasan : Isteri Sedar didirikan di Bandung pada tanggal 22 Maret 1930. Pendirinya adalah Suwami Joyoseputro. Tujuan Isteri Sedar yaitu menuju pada kesadaran wanita Indonesia untuk mempercepat dan menyempurnakan Indonesia merdeka. Materi tentang Organisai Perempuan pada Masa Pergerakan Nasional bisa klik di SINI

10. Walaupun telah membentuk BPUPKI dan PPKI, sebagai pihak yang mengalami kekalahan dalam Perang Dunia II, .lepang tidak berhak memberikan kemerdekaan kepada Indonesia.

SEBAB

Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan Sukarno dan Muhammad Matta setelah Jepang menyerah kepada Sekutu.   

Jawab : B

Penjelasan : Pasca bom atom di kota Hirosima dan Nagasaki, Jepang pada tanggal 14 Agustus 1945 menyerah kepada Sekutu. Berdasarkan perintah Sekutu, Jepang harus menentapkan status quo bagi bangsa Indonesia yakni tidak ada perubahan sampai Sekutu tiba di Indonesia. Namun bangsa Indonesia kemudian memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945 sesudah Jepang menyerah kepada Sekutu akan tetapi Sekutu belum tiba di Indonesia. Hal tersebut dinamakan vacum of power.

11. Teori Nicolaus Copernicus (1473-1540) yang menyatakan bahwa bumi berputar pada porosnya sambil mengelilingi matahari telah mengilhami terjadinya imperialisme.

SEBAB

Banyak penjelajah Eropa abad ke-15 dan 16 berlayar ke arah timur dengan tujuan untuk mencari rempah-rempah sekaligus membuktikan teori Copernicus hingga mereka berhasil menemukan dunia baru.  

Jawab : A

Penjelasan : Copernicus dengan teori Heliosentrisnya menyatakan bahwa bumi itu bulat. Hal ini bertentangan dengan keyakinan saat itu yang menyatakan bahwa bumi itu datar. Oleh karena itu banyak penjelajah samudera yang ingin membuktikan teori bumi itu bulat.

12. Pemerintah kolonial Belanda menerapkan sistem segregasi atau pemisahan etnik pada penduduk Hindia Belanda dalam bentuk

(1) Yerzekering system (penjaminan).

(2) Yerbanning system (pembuangan).

(3) intemeering system (pemenjaraan).

(4) wijken system (perkampungan).   

Jawab : E

Penjelasan : Pada Zaman Kolonial Belanda terdapat pemisahan etnik atau yang terkenal dengan segresi. Hal ini dilakukan Belanda untuk mempermudah melakukan pengawasan terhadap etnik tertentu. Adanya segregasi ini juga dilakukan oleh Belanda agar tidak ada percampuran antara etnik sehingga terjadi persatuan.

13. Peradaban lembah Sungai Indus di Mohenjo Daro dan Harappa yang berlangsung dari tahun 2900 SM hingga 1700 SM akhirnya runtuh karena mengalami

(1) gempa bumi, korupsi, dan perang saudara.

(2) tsunami, ledakan gunung berapi, dan korupsi.

(3) longsor, perang saudara, dan korupsi.

(4) banjir, penggundulan hutan, dan serbuan asing.

Jawab 😀

Penjelasan : Peradaban Sungai Indus  sudah berkualitas tinggi karena (a) sudah ada bangunan bersusun, (b)  adanya sanitasi, (c) jalan dibuat luru dan ada selokan, (d) sudah ada tulisan, (e) tiap perempatan dibangun pos keamanan. Manusia pendukung dari kebudayaan Sungai Indus adalah Bangsa Dravida. Ada beberapa Teori mengenai runtuhnya kebudayaan Mohenjo Daro dan Harappa yaitu dikarenakan banjir, wabah penyakit, dan adanya serangan asing yakni bangsa Arya yang kemudian nanti melahirkan kebudayaan Sungai Gangga.

14. Agama Islam dapat dapat berkembang dengan cepat di Pulau Jawa karena agama ini

(1) Telah dikenal masyarakat Jawa sejak masa Hindu– Budha.

(2) Diperkenalkan kepada masyarakat Jawa dengan cara damai.

(3) Disebarkan oleh para penguasa pedagang tradisional.

(4) Bisa menyatu dengan baik dengan budaya lokal.

Jawab : C

Penjelasan : Islam di Jawa menyebarkan dengan cepat dan luas. Hal ini dikarekan berbagai faktor antara lain (a) masuk Islam mudah, (b) Islam disebarkan secara damai, (c) Islam tidak mengenal kasta. Untuk lebih lengkap dan jelasnya mengenai Islam di Pulau Jawa baca juga:

  • Materi tentang Penyebaran Islam di Indonesia klik di SINI
  • Materi tentang Saluran Masuknya Islam di Indonesia klik di SINI
  • Materi tentang Walisongo: Penyebar Islam di Jawa klik di SINI

 15. Konferensi Meja Bundar (KMB) yang dilaksanakan di Den Haag, Negeri Belanda pada 1949 menghasilkan keputusan penting antara lain

(1) Belanda harus menarik seluruh pasukan di wilayah-wilayah yang dikuasai oleh Republik Indonesia.

(2) Akan dibentuk pemerintah Republik Indonesia Serikat (RIS).

(3) Belanda akan menyerahkan kedaulatan kepada pemerintah Republik Indonesia Serikat (RIS).

(4) Ibukota Republik Indonesia Serikat dikembalikan ke Jakarta.

Jawab: B

Penjelasan : Konferensi Meja Bundar (KMB) merupakan salah satu perundingan yang penting bagi bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan hasil dari KMB salah satunya adalah Belanda mengakui kedaulatan Indonesia sehingga Belanda harus menarik seluruh pasukannya dari wilayah Indonesia. Untuk lebih jelasnya baca materi berikut:

  • Materi tentang Usaha Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia klik di SINI
  • Materi tentang Hasil Konferensi Meja Bundar kli di SINI
  • Materi tentang Faktor Belanda Keluar dari Indonesia klik di SINI

Wajib diperhatikan !!!

Untuk menjawab soal Tipe , maka B perhatikan aturan berikut:

  • Pernyataan Benar – Sebab Benar saling berhubungan maka jawabannya A
  • Pernyataan Benar – Sebab Benar akan tetapi tidak memiliki hubungan jawabannya B
  • Pernyataan Benar – Sebab Salah maka jawabannya C
  • Pernyataan Salah – Sebab Benar maka Jawabannya D
  • Pernyataan Salah – Sebab Salah maka jawabannya E

Untuk menjawab soal Tipe C, maka perhatikan aturan berikut:

  • Kalau pernyataan (1), (2), dan (3) benar maka jawabannya A
  • Kalau pernyataan (1) dan (3) yang benar maka jawabannya B
  • Kalau pernyataan (2) dan (4) yang benar maka jawabannya C
  • Kalau pernyataan yang benar (4) saja maka jawabannya D
  • Kalau pernyataan (1) (2) (3) dan (4) benar semua atau salah semua maka jawabannya adalah E

Terimakasih atas kunjungannya

Semoga pembahasan di atas bermanfaat

Dan semoga nanti saat mengerjakan soal SBMPTN diberikan kemudahan dan akhirnya bisa diterima di Perguruan Tinggi Negeri sesuai yang dinginkan

Aminnn

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *