Struktur pemerintahan militer masa pendudukan Jepang

Pada masa pendudukannya di Indonesia, Jepang menngganti system pemerintahan sipil dengan pemerintahan militer. Pernyataan yang benar terkait pemerintahan militer yang diterapkan Jepang di Indonesia adalah… .

A. Gunseibu bertugas mengatur lalu lintas perdagangan

B. Zaimubu bertugas mengatasi permasalahan peradilan

C. Gunseikan berfungsi sebagai kepala staf pemerintahan

D. shibobu bertugas mengatasi permasalahan dalam negeri

E. Gunsheireikan berkedudukan setara dengan residen pada masa colonial.

Pembahasan:

Susunan pemerintahan militer Jepang sebagai berikut.

  • Gunshireikan (panglima tentara), kemudian disebut Saiko Shikikan (panglima tertinggi), merupakan pucuk pimpinan.
  • Gunseikan (kepala pemerintahan militer), dirangkap oleh kepala staf tentara. Gunshireikan bertugas menetapkan peraturan yang dikeluarkan oleh Gunseikan. Peraturan itu disebut Osamu Kanrei. Peraturan-peraturan tersebut diumumkan dalam Kan Po (berita pemerintahan), sebuah penerbitan resmi yang dikeluarkan oleh Gunseikanbu.
  • Gunseikanbu adalah staf pemerintahan militer pusat yang terdiri dari lima bu (departemen): Sumabu (Departemen Urusan Umum), Zaimubu (Departemen Keuangan), Sangyobu (Departemen Perusahaan, Industri, dan Kerajinan), Kotsubu (Departemen Lalu Lintas), dan Shihobu (Departemen Kehakiman).
  • Koordinator pemerintahan militer setempat disebut gunseibu

Kunci jawaban:

Pada masa pendudukannya di Indonesia, Jepang menngganti system pemerintahan sipil dengan pemerintahan militer. Pernyataan yang benar terkait pemerintahan militer yang diterapkan Jepang di Indonesia adalah… . C. Gunseikan berfungsi sebagai kepala staf pemerintahan