Stupa Candi Borobudur

Salah satu faktor yang menyebabkan stupa candi Borobudur dianggap sebagai local genius adalah….

A. Penggambaran kehidupan harus dijalani oleh umat budha untuk sampai nirwana

B. Penggambaran kehidupan manusia yang mudah tergoda oleh dosa sebagaimana digambarkan pada relief di bagian bawah candi, yaitu kehidupan manusia dalam tahap Rupadatu

C. Pola bangunan yang kuat dan berbentuk simetris mempresentasikan planet bumi yang cukup kompleks

D. Perpaduan pola bangunan dari India dengan pola bangunan berundak yang sudah ada di Jawa pada saat itu

E. Pembuktian bahwa sejak zaman dulu bangsa Indonesia telah mengenal kehidupan relegius

Pembahasan Soal

tingkatan candi borobudurCandi Borbodur adalah candi Budha terbesar di Indonesia. Candi Borobudur didirikan kira-kira pada tahun 824 yakni pada masa Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendera. Sebagai arsitektur dari Candi Borobudur adalah Gunadharma. Candi Borobudur, tingginya mencapai 42 meter, juga merupakan candi Mahayana, terletak di Magelang, utara Yogyakarta. “Boro-budur” berasal dari kata“bara” dan “budur”. Baraberasal dari kata wihara atau biara dari Sansekerta yang berarti kuilatau asrama. Sedangkan budur diperkirakan berasal dari kata beduhur yang artinya “di atas”. Jadi, Borobudur dapat diartikan sebagai biara yang ada di atas bukit

 Candi Borobudur memiliki tiga tingkatan, yaitu:

  1. Kamadatu merupakan alam bawah, bagian ini berada di bagian bawah Candi Borobudur. Pada kamadatu terdapat relief karmawibangga, yaitu suatu hukum sebab akibat, yang merupakan hasil perbuatan manusia. Pada bagian ini menggambarkan manusia terikat pada hasrat , kemauan dan hawa nafsu.
  2. Rupadatu sama dengan alam antara dunia rupa, dalam alam ini manusia telah meninggalkan segala urusan keduniawian dan meninggalkan hasrat ataupun kemauan. Bagian ini terdapat pada lorong satu sampai lorong empat.
  3. Arupadatu adalah alam atas, yaitu tempat para dewa. Bagian ini berada pada tingkat ketiga, termasuk stupa induk

Bentuk candi Borobudur adalah berundak undak seperti bangunan Punden Berundak peninggalan asli kebudayaan Indonesia yakni pada masa Megalitikum.

Jadi: Salah satu factor yang menyebabkan stupa candi Borobudur dianggap sebagai local genius adalah….D (Perpaduan pola bangunan dari India dengan pola bangunan berundak yang sudah ada di Jawa pada saat itu)

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *