Sumpah Palapa Gajah Mada

Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa pada saat Majapahit dibawah pemerintahan… .

A. Hayam Wuruk

B. Jayanegara

C. Kertawardana

D. Tribuwanatunggadewi

E. Kertajasa Jayawardhana

Pembahasan:

Tribhuwanattunggadewi merupakan raja pengganti dari Jayanegara. Pada masa pemerintahan Tribhuwanattunggadewi ini pun terjadi pem berontakan. Pemberontakan terbesar adalah pemberontakan Sadeng. Gajah Mada kembali menumpas pemberontakan ini pada 1331 M. Atas jasanya, Gajah Mada diangkat sebagai mahapatih di bawah perintah ratu. Dalam acara pengangkatan nya, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa. Sumpah tersebut berisi pernyataannya untuk tidak akan amukti palapa sebelum dia dapat menundukkan seluruh Nusantara, yaitu Gurun (Maluku), Seram, Tanjungpura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, dan Tumasik.

Jadi:

Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa pada saat Majapahit dibawah pemerintahan… .D. Tribuwanatunggadewi

Kertajasa Jayawardhana atau Raden Wijaya merupakan menantu dari Kertanegara (Kerajaan Singasari)  yang kemudian menjadi pendiri Kerajaan Majapahit

Jayanegara (kala gemet) merupakan pengganti dari Raden Wijaya. Pada masa pemerintahan Jayanegara muncul berbagai pemberontakan dari tokoh tokoh yang pada awalnya membantu dalam pendirian Kerajaan Majapahit, seperti pemberontakan Nambi, Sora dan Ronggolawe. Pemberontakan Kuti dan Semi juga terjadi pada masa pemerintahan Jayanegara.

Hayam Wuruk merupakan raja terbesar Kerajaan Majapahit. Pada masa pemerintahan Hayam Wuruk, Majapahit mencapai puncak kejayaan. Didampingi oleh patihnya, Gajah Mada, Majapahit berhasil menguasai seluruh wilayah nusantara. Pada masa pemerintahannya terjadi peristiwa bubat.

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *