Teori Penyebaran Agama Hindu di Indonesia

Kedatangan agama Hindu ke Indonesia dijelaskan oleh para ahli dalam beberapa teori. Dari teori teori tersebut secara umum terbagi menjadi dua cara pandang yakni menonjolkan peran bangsa India dan perang bangsa Indonesia sendiri. Sedangkan kedatangan agama Budhha ke Indonesia melalui misi khusus yaitu Dharmaduta. Van Leur berteori bahwa masuknya agama Hindu lebih didominasi oleh peran golongan agamawan yang menguasai ilmu agama dan bahasa Sansekerta dengan baik. Teori ini kita kenal dengan teori… .

a. Arus balik

b. Waisya

c. Brahmana

d. Sudra

e. Resi

Pembahasan:

Terdapat beberapa teori masuknya agama Hindu ke Indonesia.

  • Teori Arus Balik diungkapkan oleh F.D.K Bosch yang mana menunjukkan peran aktif bangsa Indonesia. Pada saat tersebut orang Indonesia pergi ke India untuk belajar agama Hindu kemudian kembali ke Indonesia dan menyebarkan agama Hindu di Indonesia.
  • Teori Waisya diungkapkan oleh N.J Krom yang mana berpendapat bahwa penyebaran agama Hindu di Indonesia dilakukan oleh para pedagang dari India yang berdagang di Indonesia.
  • Teori Brahmana diungkapkan oleh J.C Van Leur yang mana berpendapat bahwa masuknya agama Hindu di Indonesia disebarkan oleh para Brahmana hal ini dikarenakan hanya Brahmana yang mengetahui isi kitab Weda.
  • Teori Sudra diungkapkan oleh Van Faber yang menyatakan bahwa penyebar agama Hindu adalah para budak yang melarikan diri dari India
  • Teori Ksatria yang diungkapkan oleh C.C Berg yang menyatakan bahwa penyebar agama Hindu adalah para bangsawan India yang datang ke Indonesia.

Kunci jawaban:

Kedatangan agama Hindu ke Indonesia dijelaskan oleh para ahli dalam beberapa teori. Dari teori teori tersebut secara umum terbagi menjadi dua cara pandang yakni menonjolkan peran bangsa India dan perang bangsa Indonesia sendiri. Sedangkan kedatangan agama Budhha ke Indonesia melalui misi khusus yaitu Dharmaduta. Van Leur berteori bahwa masuknya agama Hindu lebih didominasi oleh peran golongan agamawan yang menguasai ilmu agama dan bahasa Sansekerta dengan baik. Teori ini kita kenal dengan teori… .c. BrahmanaKasta dalam Agama Hindu

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *