Tokoh Militer Penumpas PKI Madiun

Tokoh militer yang terlibat dalam penumpasan PKI tahun 1948 adalah… .

A. Kolonel A.H Nasution dan Mayjen Soeharto

B. Letkol Eri Sadewo dan Kolonel Sungkono

C. Brigjen Djatikusumo dan Kolonel Sungkono

D. Letkol Kaharudin Nasution dan Letkol Ibnu Sutowo

E. Kolonel A.H Nasution dan Kolonel Gatot Subroto

Pembahasan:
Pada tanggal 18 September 1948 diproklamasikan berdirinya negara Soviet Republik Indonesia di Kota Madiun. Beberapa tokoh yang terlibat dalam pemberontakan adalah Musso dan Amir Syarifudin.

Pemerintah segara mengambil tindakan tegas terhadap Pemberontakan PKI Madiun 1948.

Panglima Besar Jenderal Sudirman menugaskan kepada Kepala Staf Operasi Markas Besar Angkatan Perang Kolonel A.H. Nasution untuk memulihkan keamanan dalam waktu dua minggu.

Wilayah pemberontakan PKI Madiuan ada yang diwilayah Jawa Tengah yakni Solo dan sekitarnya dan juga di wilayah Jawa Timur yakni Madiun dan sekitarnya. Untuk penumpasan PKI di Sola dan sekitarnya dipimpin oleh Kolonel Gatot Subroto yang menjabat sebagai Gubernur Militer/Panglima Divisi II. Kolonel Sungkono di Jawa Timur diangkat sebagai panglima pertahanan Jawa Timur kemudian mengerahkan kekuatan TNI dan polisi untuk menumpas PKI. Berkat kemanunggalan TNI dan rakyat, usaha PKI dapat digagalkan. Untuk merebut daerah Purwodadi, Blora , Pati dan Kudus dikirim pasukan Birgade I Siliwangi yang dipimpin oleh Letkol Koesno Oetomo.

Melalui Gerakan Operasi Militer I (GOM), Kota Madiun bisa direbut tanggal 30 September 1948 pukul 16.15 WIB yang dipimpin oleh Letkol Sadikin.

Muso tertembak dalam suatu pengejaran dan Amir Syarifudin dapat ditangkap (29 November 1948) yang akhirnya dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan,

*********

Jadi: Tokoh militer yang terlibat dalam penumpasan PKI tahun 1948 adalah… . E. Kolonel A.H Nasution dan Kolonel Gatot Subroto

A.H Nasution

A.H Nasution

Gatot Soebroto

Gatot Soebroto

 

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *