Tokoh Pembaharuan Jepang

Tokoh pembaharuan Jepang pada masa Restorasi Meiji adalah … .

A. Miyasawa

B. Mutsuhito

C. Hirohito

D. Hosokawa

Pembahasan:

kaisar meijiKemajuan Jepang tampak sejak zaman Restorasi Meiji pada tahun 1868. Tokoh pembaharu Jepang ini adalah Mutsuhito atau Meiji Tenno. Sebelum Meiji melakukan restorasi, pemerintahan di Jepang saat itu yakni Shugon. Shogun terakhir adalah Shogun Tokugawa menerapkan politik isolasi, yakni Jepang menutut diri dari pengaruh asing.

Setelah berhasil berkuasa, Meiji mengadakan pembaharuan dalam berbagai bidang. Salah satu di antaranya adalah bidang militer. Ia memperbarui susunan Angkatan Darat dan Angkatan Laut yang mencontoh keadaan Jerman. Jepang muncul menjadi negara imperialis.

Pada Perang Dunia I Jepang ikut berperang melawan Jerman. Perang ini memberi kesempatan yang baik untuk merebut daerah jajahan Jerman di Cina, yang akan dibangun pangkalan di daratan Cina. Setelah Perang Dunia I selesai, Jepang sebagai negara yang ikut menang perang mendapat beberapa keuntungan berupa beberapa pulau bekas jajahan Jerman di Samudera Pasifik.

Pada Perang Dunia II, Jepang bergabung dengan blok sentral untuk berperang dengan blok Sekutu. Perang Dunia II dikawasan Asia Pasifik dimulai dengan adanya serangan Jepang ke Pearl Harbour.

**********

Jadi; Tokoh pembaharuan Jepang pada masa Restorasi Meiji adalah … . B. Mutsuhito

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *