Tujuan Pelayaran Hongi

Tujuan dilakukan pelayaran hongi oleh VOC di kepualauan Maluku adalah….

A. Memobilisasi pegawai VOC dari Batavia

B. Melakukan patroli untuk menjaga keamanan

C. Mengontrol kekuasaan penguasa pribumi

D. Mendistribusikan logistik bagi pegawai VOC

E. Mengontrol jumlah tanaman cengkeh penduduk

Pembahasan Soal

masa awal VOCVerenigde Oost Indische Compagnie (VOC) adalah kongsi dagang Belanda. VOC secara resmi berdiri pada 20 Maret 1602 dan membuka kantor pertama di Banten yang dikepalai oleh Francois Wittert. Tujuan dibentuknya VOC antara lain menghindari persaingan yang tidak sehat antara pedagang Belanda sehingga keuntungan dapat diperoleh secara maksimal. Memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan dengan bangsa Eropa dan Asia lainnya. Dan membantu pemerintah Belanda yang berjuang menghadapi Spanyol yang ingin menguasai Belanda. Dengan adanya berbagai tujuan tersebut maka diberikanlah hak istimewa kepada VOC dalam menjalankan tugasnya yang dikenal dengan nama Hak Ocroi

Kebijakan yang dilakukan oleh VOC antara lain:

  1. Monopoli perdagangan rempah-rempah
  2. Verplichte Laverantie yaitu penyerahan wajib hasil bumi dengan harga yang telah ditetapkan oleh VOC,dan melarang rakyat menjual hasil buminya selain kepada VOC.
  3. Contingenten yaitu kewajiban bagi rakyat untuk membayar pajak berupa hasil bumi.
  4. Peraturan tentang ketentuan areal dan jumlah tanaman rempah-rempah yang boleh ditanam.
  5. Hak Ekstirpasi yaitu hak VOC untuk menebang tanaman rempah-rempah agar tidak terjadi over produksi yg dapat menyebabkan harga rempah-rempah merosot.
  6. Pelayaran Hongi yaitu pelayaran dengan perahu kora-kora (perahu perang) untuk mengawasi pelaksanaan monopoli perdagangan VOC dan menindak pelanggarnya.

Jadi : Tujuan dilakukan pelayaran hongi oleh VOC di kepualauan Maluku adalah….B (Melakukan patrol untuk menjaga keamanan)

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *