Tujuan pembentukan IGGI

IGGI

Tujuan pembentukan organisasi Inter Govermental Group on Indonesia (IGGI) pada masa awal Orde Baru adalah….

  1. Membantu pembangunan ekonomi Indonesia
  2. Mempercepat proses pembangunan di Indonesia
  3. Membantu Indonesia memasuki pasar internasional
  4. Membendung penggaruh komunisme

Pembahasan

Inter-Governmental Group on Indonesia(IGGI) didirikan pada tahun 1967.Tujuannya, memberi bantuan kredit jangka panjang dengan bunga ringan kepadaIndonesia untuk biaya pembangunan. Anggota IGGI terdiri atas dua kelompok.

  1. Negara-negara kreditor, seperti Inggris, Prancis, Belgia, Italia, Swiss, Jepang, Belanda, Jerman Barat, Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, dan Kanada.
  2. Badan keuangan dunia baik internasional maupun regional, seperti Bank Dunia (World Bank), Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank), Dana Moneter Internasional (International Monetary Fund), dan Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE).

IGGI berpusat di Den Haag (Belanda). Ketua IGGI dijabat oleh Menteri Kerja Sama Pembangunan Kerajaan Belanda. Bantuan IGGI kepada Indonesia, antara lain berbentuk:

  1. bantuan proyek,
  2. bantuan program,
  3. bantuan pangan
  4. bantuan teknik,
  5. devisa kredit (devisa yang diperoleh dari pinjaman), dan
  6. grant(sumbangan atau hadiah).

Bantuan IGGI kepada Indonesia ini diberikan setiap tahun. Setiap tahun diselenggarakan sidang IGGI untuk membahas dan mengevaluasi pelaksanaanpembangunan Indonesia sebagai dasar pemberian bantuan tahun berikutnya.Bantuan yang berbentuk pinjaman (devisa kredit) bersyarat lunak dengan bunga berkisar 0–3% setahun dengan jangka waktu angsuran berkisar 7–10 tahun.

Bantuan dari IGGI yang digunakan untuk pembangunan proyek-proyekproduktif dan kesejahteraan sosial itu, antara lain sebagai berikut.

  1. Bantuan teknik, umumnya tidak diterima dalam bentuk uang, tetapi dalam bentuk bantuan tenaga ahli, peralatan laboratorium, dan penelitian.
  2. Grant digunakan untuk biaya berbagai macam keperluan pembangunan, misalnya untuk membeli kapal angkutan laut.
  3. Devisa kredit dan bantuan pangan digunakan untuk biaya impor barang modal, bahan baku, dan bahan makanan
  4. Bantuan proyek digunakan untuk biaya pembangunan proyek listrik, pembangunan telekomunikasi, pengairan, pendidikan, kesehatan (program KB), dan prasarana lainnya.
  5. Bantuan program digunakan untuk biaya penyusunan program pembangunan.

Pada tanggal 25 Maret 1992, IGGI bubar sebab Indonesia menolak bantuan Belanda yang dianggap terlalu banyak mengaitkan pinjaman luar negerinya dengan masalah politik di Indonesia. Sebagai penggantinya, pemerintah Indonesia meminta pada Bank Dunia membentuk Consultative Group on Indonesia(CGI).

Jadi:

Tujuan pembentukan organisasi Inter Govermental Group on Indonesia (IGGI) pada masa awal Orde Baru adalah…. E semua benar

  1. Membantu pembangunan ekonomi Indonesia
  2. Mempercepat proses pembangunan di Indonesia
  3. Membantu Indonesia memasuki pasar internasional
  4. Membendung penggaruh komunisme

 

Please follow and like us:
0

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *